Seminar Nasional dan Sosialisasi Level of Service (LoS) Jogja Bahas Bangun IKN yang Cerdas dan Berkelanjutan



 LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Yogyakarta menjadi saksi kegiatan penting yang diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara pada Sabtu, 16 Maret 2024 yang lalu.

Seminar Nasional dan Sosialisasi Level of Service (LoS) Pengelolaan Gedung dan Kawasan menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menyusun kualitas dan standardisasi pengelolaan yang akan membentuk masa depan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam acara ini, para peserta disuguhi wacana yang mengangkat pentingnya kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Viby Indrayana, Tenaga Ahli Pimpinan Bidang Manajemen Perkotaan OIKN, menekankan betapa vitalnya peran akademisi dalam proses penyusunan LoS.

Dengan melibatkan Universitas Atma Jaya dan Universitas Gadjah Mada, dokumen ini diharapkan menjadi panduan utama dalam pembangunan IKN hingga tahun 2045 mendatang.

"Penyusunan LoS yang turut melibatkan akademisi dari Universitas Atma Jaya dan Universitas Gadjah Mada ini menjadi dokumen tumbuh yang akan digunakan sebagai acuan pembangunan IKN hingga tahun 2045 mendatang," kata Viby dikutip Ayobandung.com dari laman IKN pada 18 Maret 2024.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprajipto, juga turut menyampaikan pandangannya.

Ia menyoroti perlunya standardisasi konsep bangunan gedung sebagai landasan bagi pembangunan dan pengelolaan di IKN.

Karena konsep IKN ini unik dan berbeda dengan kota-kota lainnya, maka penting bagi OIKN untuk mengatur dan mengelolanya secara optimal.

Implementasi yang baik diharapkan mampu memperpanjang usia masa layak bangunan dan menjadikan IKN sebagai kota yang nyaman bagi semua penduduknya.

"Saya melihat, salah satunya dengan memperpanjang usia masa layak bangunan hingga waktu optimal bahkan lebih sehingga mampu mewujudkan kota yang nyaman dan nikmat untuk semua," tambah Iwan Suprajipto.

Ketua Panitia Acara Seminar, Blasius Lukkie Putranto, menyampaikan harapannya akan adanya perbaikan signifikan dalam manajemen infrastruktur dan layanan perkotaan.

Ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam membangun IKN yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk otoritas pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan pelaku industri, dianggap sangat penting dalam mencapai konsensus dalam penetapan standar kualitas layanan yang diinginkan.

"Kami berharap ada perbaikan signifikan dalam manajemen infrastruktur dan layanan perkotaan," ungkap Blasius Lukkie Putranto.

Seminar ini tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar informasi, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat sinergi antarstakeholder dalam membangun IKN yang menjadi kebanggaan bangsa.***

sumber : https://www.ayobandung.com/umum/7912187301/seminar-nasional-dan-sosialisasi-level-of-service-los-jogja-bahas-bangun-ikn-yang-cerdas-dan-berkelanjutan?page=2 

Posting Komentar

0 Komentar