Targetkan Net Zero Emission, PLN Papua Bakalan Menggelar Pelatihan Pengoperasian PLTS Bagi Operator dan Tenaga Ahli

 


Berita Papua, Jayapura — Mentargetkan Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060, PT PLN wilayah Papua dan Papua Barat menggelar pelatihan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Pelatihan PLTS termasuk di dalamnya pengoperasian, juga pemeliharaan dan juga trouble shooting atau perbaikan kalau ada kendala,” ujar Manager Perencanaan Pengusahaan PLN Papua dan Papua Barat, Deskiniel di Jayapura pada Kamis (18/4/24).

Hal itu, Kata dia, sejalan dengan program pemerintah pusat yang mentargetkan NZE hingga 40 tahun mendatang.

“Di tahun 2060 PLN Papua berkomitmen saat ini memang terus akan membangun PLTS atau pembangkit yang berbasis dari energi baru terbarukan,” ungkapnya.

Deskiniel menyebut, ada 250 lokasi PLTS yang tersebar di Tanah Papua sehingga pihaknya menggelar pelatihan tersebut guna meningkatkan kemampuan operator dan juga tenaga ahli.

“Jadi peserta yang ada di sini itu, dari UP3 Merauke dari Timika dari Wamena dan juga di wilayah Jayapura dan sekitarnya,” bebernya.

Bahkan, dia juga menyampaikan, rencana pelatihan tersebut bakal digelar terbagi dalam 2 batch.

“Batch pertama di Jayapura kemudian yang batch selanjutnya di Sorong yang akan diikuti oleh peserta dari UP3 Nabire biak dan juga Sorong. Dan beberapa dari tenaga ahli daya lainnya atau petugas operator-operator kami,” ungkap Deskiniel.

Dia juga menjelaskan bahwa pelatihan tersebut guna menjaga keberlanjutan jangka panjang terhadap PLTS kedepan.

“Bagaimana PLTS bisa bertahan untuk 5, 10 tahun bahkan 20 tahun atau bahkan terus kita jaga dengan baik kita perbaiki supaya bisa terus beroperasi untuk menerangi masyarakat yang ada di Papua,” ujarnya.

“Tentunya tanpa kita perlu lagi menggunakan BBM tapi kita optimalkan menggunakan berbagai tenaga listrik tenaga surya ini yang mana kita tahu tenaga ini berasal dari matahari,” pungkasnya.

sumber : https://www.beritapapua.co/berita-kabupaten-jayapura/2024/04/targetkan-net-zero-emission-pln-papua-bakalan-menggelar-pelatihan-pengoperasian-plts-bagi-operator-dan-tenaga-ahli/ 

Posting Komentar

0 Komentar