Sinergi Membangun Ekosistem Cerdas, Diskominfo Staper Kutim Gelar Sosialisasi Program Smart City



 Sangatta – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutai Timur (Kutim) telah mengadakan sosialisasi program Smart City Kabupaten Kutai Timur tahun 2024 dengan tema “Sinergi Membangun Ekosistem Smart City Kutai Timur”.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutim, Sudirman Latif, pada Kamis, (29/5/2024), di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Sosialisasi ini merupakan langkah penting dalam mengimplementasikan program Smart City di Kutai Timur. Smart City adalah konsep pengembangan kota yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam kesempatan itu, mewakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutai Timur (Kutim), Kabid TIK dan Persandian Sulisman, mengatakan sebagai Upaya untuk mengimplementasikan smart city di Kabupaten Kutai Timur, Pemerintah daerah telah menyusun masterplan yang akan dijadikan pedoman menyelesaikan segala permasalahan secara cerdas sehingga pembangunan di Kutim terus berjalan dengan baik dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Dalam rangka untuk mendukung implementasi Smart City Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo telah membangun Infrastruktur TIK seperti Ruang Server/ Data Center, Jaringan Fiber Optik yang menghubungkan semua perangkat daerah yang ada di Kawasan perkantoran Bukit Pelangi, CCTV dan free Wifi di beberapa area public, layanan internet di Kantor Camat dan Kantor Desa,” Kata Sulaiman dihadapan para peserta sosialisasi program smart city.

Menurutnya, konsep smart city merupakan solusi dalam pembangunan wilayah di Kutai Timur yang luas dan memiliki potensi daerah yang beraneka ragam, serta masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Program Smart City bukan hanya Program Kerja Dinas Kominfo namun suatu program Bersama yang membutuhkan peran serta semua elemen Dalam mewujudkan smart city di Kutai Timur.

“Implementasi Smart City terdapat enam (6) dimensi yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Economy, Smart Society, dan Smart Environment,” Terangnya

Lebih lanjut, Sulaiman menambahkan, sosialisasi Program Smart City Kabupaten Kutai Timur Tahun 2024 yang diselenggarakan ini bertujuan untuk, memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang program smart city Kabupaten Kutai Timur.

“Melalui kegiatan sosialisasi smart city diharapkan juga akan terbentuk ekosistem smart city Kutai Timur dimana semua elemen dapat saling bersinergi dan berkolaborasi serta meminimalisir ego sectoral dalam rangka mengakselerasi Pembangunan melalui inovasi-inovasi cerdas untuk mewujudkan Kutai Timur yang mandiri dan berdaya saing.” Pungkasnya (*/ADV)

sumber : https://kabaretam.com/2024/05/30/sinergi-membangun-ekosistem-cerdas-diskominfo-staper-kutim-gelar-sosialisasi-program-smart-city/ 

Posting Komentar

0 Komentar