DPD dukung pengembangan Sulawesi Selatan sebagai penyangga IKN

 


Makassar (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung upaya pengembangan Sulawesi Selatan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya sektor transportasi pelayaran.


Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan di Makassar, Rabu, mengatakan posisi Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sebagai hub Indonesia timur.

Oleh karena itu, ada banyak pekerjaan besar yang membutuhkan sokongan DPD untuk membangun Sulsel.

"Ada banyak pekerjaan besar di Sulsel ini, saya meminta bantuan dari bapak-bapak DPD," katanya saat menerima rombongan Komite II DPD di Makassar.

Selain itu, kata dia, posisi Sulsel saat ini sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Pulau Sulawesi.

"Kami menjadi provinsi penyangga IKN untuk memenuhi buah-buahannya sampai pasokan bahan pokok. Semua ini membutuhkan dukungan DPD," ujarnya.

Baca juga: Pertagas dukung peningkatan ekonomi masyarakat penyangga IKN

Zudan mengungkapkan pemprov saat ini terus berbenah karena skspektasi dan harapan masyarakat Sulsel kepada pemerintah tinggi.

Ia mencontohkan di sektor transportasi di mana logistik harus dipastikan tak mengalami banyak kendala dan harus sesegera mungkin tiba di kota tujuan dengan cepat.

Ketua Komite II DPD Yoris Raweyai menyampaikan pihaknya saat ini sedang melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang.

Alasan Komite II melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang ini untuk mendapatkan informasi mengenai situasi terkini terkait dengan pengelolaan sektor pelayaran di tingkat daerah dan nasional, baik dalam situasi yang berjalan maupun kemungkinan perkembangan situasi ke depan.

Selain itu, memperoleh masukan konkret terkait dengan permasalahan dan tantangan yang dihadapi pada program kemaritiman.

"Seluruh masukan dalam kunjungan kerja ini akan dicatat sebagai referensi untuk pengayaan muatan materi hasil pengawasan Komite II DPD RI atas pelaksanaan undang-undang dan sebagai masukan untuk penyempurnaan peraturan perundang-undangan dan perbaikan tata kelola pelayaran di Indonesia," ucap dia.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Andi Erwin Terwo menyampaikan tantangan transportasi di Sulawesi Selatan, khususnya di sektor pelayaran.

Ia  mengatakan pelabuhan rakyat saat ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Ia menyebut banyak kapal di Sulsel tidak mengalami perkembangan signifikan padahal tetap beroperasi.

sumber : https://www.antaranews.com/berita/4137471/dpd-dukung-pengembangan-sulawesi-selatan-sebagai-penyangga-ikn 

Posting Komentar

0 Komentar