Jokowi Tunda Pindah ke IKN karena Infrastruktur Belum Siap, Berikut Progres Pembangunan Ibu Kota Baru Versi Satgas



Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunda kepindahannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Musababnya, sejumlah infrastruktur belum siap. Namun, Kepala Negara dijadwalkan memimpin upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di sana pada 17 Agustus 2024.

Lantas, sejauh mana progres pembangunan ibu kota baru yang dilaporkan Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN? Berikut ulasannya

Kantor Presiden, Progres Capai 92 Persen

Akhir pekan lalu, Ketua Satgas IKN Danis Sumadilaga menyebut progres pembangunan kantor presiden sudah mencapai 92 persen. Pekerjaan yang masih berlangsung adalah pemasangan bilah sayap garuda di sisi kanan dan kiri yang sempat terhambat karena cuaca. 

"Masalahnya, hujan. Itu kan di ketinggian, ada (potensi) hujan dan petir," kata Danis ketika ditemui di Kompleks Kementerian PUPR Jumat, 5 Juli 2024. Namun, ia menargetkan pekerjaan itu rampung di pekan kedua bulan ini.

Air Bersih Segera Comissioning

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan air bersih masuk Ibu Kota Nusantara atau IKN sebelum pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman (SSPIP) Kementerian PUPR Pandu Gunadi Atmosukarto mengatakan comissioning atau pengujian air bersih di ibu kota baru akan segera dilakukan. "Kami sedang menunggu penugasan," kata Pandu ketika ditemui usai rapat bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa, 9 Juli 2024.

Pandu optimistis air bersih mengalir ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sebelum 17 Agustus 2024. Sebab menurutnya, comissioning tidak membutuhkan waktu lama. Paling tidak, tiga hingga lima hari. Proses ini mencakup pengecekan secara bertahap di semua tempat. Salah satunya, untuk memastikan tidak ada kebocoran. "Prinsipnya, banyak yang dites," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Satgas IKN Danis Sumadilaga juga mengatakan comissioning air bersih ke IKN akan dilaksanakan 10 Juli atau pada pekan kedua bulan ini. Pengujian akan dimulai dari dry test, wet test, dan seterusnya.



Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1889565/jokowi-tunda-pindah-ke-ikn-karena-infrastruktur-belum-siap-berikut-progres-pembangunan-ibu-kota-baru-versi-satgas
 

Posting Komentar

0 Komentar