• Breaking News

    SDM Teknologi dan Informatika Minim, 27 OPD Masih Pakai Email Gratis



    MAJALENGKA–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, mencatat organisasi perangkat daerah (OPD) baik dinas atau pemerintah kecamatan yang saat ini sudah memiliki email resmi hanya ada 29 OPD. Sedangkan sisanya sekitar 27 OPD hanya memiliki email pribadi dengan biaya gratis dan formatnya biasa.

    Kabid Pengembangan dan Pengendalian Informatika Rahmat Kartono mengatakan, email disebut gratis misalnya dengan format @gmail dan @yahoo jumlahnya mencapai 27 OPD. Sedangkan 29 OPD format emailnya sudah menggunakan format @Majalengkakab.co.id.

    “Contohnya email milik diskominfo sudah tidak gratis lagi, yakni diskominfo@majalengka.co.id,” ungkap Kartono, usai memberikan pelatihan perwakilan OPD.

    Dari jumlah 57 OPD, yang saat ini telah memiliki sistem pelayanan secara online dan offline ini hanya 40 OPD. Itupun tidak diaplikasikan dengan baik, oleh karena itu dampaknya sistem yang telah dibuat tidak terpakai. Agar sistemnya bisa diaplikasikan kembali, Diskominfo melaksanakan sosialisasi integrasi sistem antar OPD di Pemerintah Kabupaten Majalengka.

    Kondisi itu disebabkan minimnya sumber daya manusia (SDM) lingkungan OPD, yang memiliki keahlian di bidang teknologi dan informatika. Maka selain memperkenalkan dan membangun integrasi system menuju e-Government, peningkatan kulitas SDM juga dilakukan.

    Sejauh ini Pemkab telah melakukan penandatangan MoU dengan Pemerintah Kota Bandung, untuk penerapan konsep smart city atau kota cerdas. Dalam penerapanya selain harus menjaga lingkungan yang cerdas, pemerintah yang cerdas dalam pelayanan juga harus bisa mengaplikasikan pelayanan berbasis digital elektronik.

    “Apalagi di era globalisasi teknologi informatika semakin berkembang, dan harus ada upaya agar pemerintah dan masyarakat tidak tertinggal. Saya berharap dengan pelatihan ini penerapan smart city bisa terlaksanakan dengan baik dan lancer,” pungkasnya.

    Sumber:
    http://www.radarcirebon.com/sdm-teknologi-dan-informatika-minim-27-opd-masih-pakai-email-gratis.html

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad