PATEN...Program Smart City Madani Pemko Pekanbaru akan Jadi Percontohan Nasional


PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Program Smart City Madani Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menjadi model percontohan nasional.

Ini menyusul adanya surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah ditujukan ke Pihak Pemko Pekanbaru, perihal permohonan audiensi terkait perlunya pihak Kemendagri mendapat masukan dalam penyusunan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pengembangan Smart City di Indonesia.  

Melalui surat yang ditandatangani Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Dirjen Kemendagri, Ir Gunawan, MA itu disebutkan antara lain, bahwa Kemendagri ingin mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya mengenai program Smart Card Madani di Pemko Pekanbaru.

Dari surat tersebut pihak Kemendagri meminta audiensi tanggal 22 Maret 2018 di Kantor Pemko Pekanbaru.

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Layanan Informasi dan Komunkasi Publik Dinas Komunikasi Informatika, Stastistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Mawardi Zakaria, Sabtu (10/3) mengatakan, dengan adanya permintaan audiensi dari pihak Kemendagri tersebut membuktikan bahwa pemerintah pusat sangat terkesan dengan program Smart City Pekanbaru. 

Mawardi menambahkan, hal ini membuktikan pula bahwa, program Smart City Pemko lebih komprehensif atau lebih lengkap dibanding dengan daerah lain.

Lebih lanjut Mawardi, ketertarikan pihak Pemerintah Pusat dengan menindaklanjuti untuk audiensi ini tidak terelepas dari adanya gerakan 100 Smart City diselenggarakan Kementerian Kominfo di Jakarta 5 Maret lalu.

Saat itu Plt Kepala Dinas Kominfo, Stastistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansya Eka Putra yang juga didampingi Mawardi selaku Kabid Pengelolaan dan Layanan Informasi dan Komunkasi Publik dan Deni Hidayat Kabid e-Goverment dan Teknologi Informasi, menjelaskan tentang konsep Smart City yang komperhensif dimiliki Pemko Pekanbaru di depan Assessor nasional.

Atas ekspos tersebut, Assessor nasional mengagumi konsep Smart City Pekanbaru sebagi penjabaran dari visi Wali Kota Pekanbaru dan Wakil Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus, MT-Ayat Cahyadi, S.Si  di periode kedua memimpin kota ini.

Sumber:
http://riausky.com/news/detail/25182/patenprogram-smart-city-madani-pemko-pekanbaru-akan-jadi-percontohan-nasional.html

Posting Komentar

0 Komentar