Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat, Walikota Dumai Resmikan Command Center


DUMAI - Pemerintah Kota Dumai meluncurkan sarana telekomunikasi berbasis Command Center di Lantai II Kantor eks walikota Jalan HR Subrantas Dumai, Kamis (26/4/2018).

Command Center diresmikan langsung oleh walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi, hadir pada kesempatan itu Sekdako Dumai Ir HM Nasir,  MP,  dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Dumai. 

Launching Command Center sebagai langkah maju bagi Pemerintah Kota Dumai dalam mendukung kemajuan teknologi informasi serta mewujudkan Dumai menjadi kota pintar (Smart City).

Walikota Dumai Drs H Zulkifli As MSi mengatakan Command Center sebagai pusat informasi layanan publik di Kota Dumai. Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Dengan dirilisnya Command center ini diharapkan dapat memeberikan kemudahan pelayanan lebih kepada masyarakat Dumai dan kinerja aparat pemerintahan di Kota Dumai dapat langsung diawasi oleh masyarakat dan lebih terbuka lagi," kata walikota.

Selain itu,  launcing Command Center tidak hanya untuk menciptakan Dumai menjadi kota digital atau dikenal dengan istilah Smart City, tetapi juga untuk mengajak seluruh OPD di Kota Dumai siap memberikan input informasi berbasis data ataupun audio visual. 

Diresmikannya Command Center, diharapkan bisa diakses semua masyarakat dan di jadikan fasilitas teknologi informasi bagi semua pihak sehingga bisa semakin mudah dan cepat untuk merespon pelayanan secara real time. 

Walikota sangat megaprsiasi apa yang sudah dilakukan oleh bagian informasi dan komunikasi (Infokom) Sekretariat Pemerintah Kota Dumai. Dan dengan keberadaan command center hendaknya dapat memberi pelayanan yang lebih baik lag. Harap wako

Dan semua OPD harus menggunakan aplikasi ini dalam memebrikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Meski kita sadari dengan kemajuan teknologi saat ini setidaknya kita harus memiliki tenaga ahli namun saat ini kita sudah ada 10 tenaga konsultan untuk mengembangkan aplikasi ini.

Sebagai pusat layanan informasi publik di Kota Dumai, saat ini di Comand center sudah terdapat 20 aplikasi dari 50 aplikasi yang sudah disortir oleh tim Kominfo Kota Dumai. Dimana 12 diantaranya sudah bisa di aplisiasi ke pemerintah pusat.

Aplikasi Smart city yang sudah diwacanakan oleh pemerintah Kota Dumai mkenjadi salah satu aplikasi yang ikut diperkenalkan dalam rilis ini. Dimana dalam aplikasi yang bisa digunakan masyarakat melalui aplikasi mobile, masyarakat bisa memberikan laporan tentang apa saja yang mereka temukan dan nantinya setiap laporan yang ada seperti berserakannya sampah maka pengelola command center akan langsung menyampaikan laporan tersebut kepada dinas atau OPD terkait. 

Sumber:
http://www.halloriau.com/read-dumai-102002-2018-04-26-tingkatkan-pelayanan-kepada-masyarakat-walikota-dumai-resmikan-command-center.html

Posting Komentar

0 Komentar