Diskominfo Makassar Raih Penghargaan Most Perform in Smart City Initiative


RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menyabet penghargaan nasional, yakni Most Perform in Smart City Initiative dalam Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018.
Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Pariwisata, Arif Yahya kepada Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali, di Nusantara 2 Hall, ICE BSD, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Kamis (3/5/2018).

"Alhamdulillah, Kota Makassar meraih penghargaan Most Perform in Smart City Initiative dalam ISNA 2018," ucap Ismail Hajiali saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis mlam (3/5/2018).

Ismail menambahkan, penghargaan ini diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city atau smart region sesuai framework yang dikembangkan oleh Citiasia Inc.

Penilaian dalam ISNA 2018 dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.


Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak 2014 hingga 2017.

"Penilaiannya juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017," imbuhnya.

Sedangkan untuk proses penjurian, dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada 26 April 2018 di Jakarta. Dalam sidang dewan juri tersebut, lanjut Ismail, disepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018.

Transformasi tersebut terutama dalam hal kategori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam tiga kategori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk.

"Pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city (smart city readiness)," terangnya.

Dengan demikian, penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik pada kategori penghargaan, yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment dimana masing-masing terdiri dari tiga daerah nominasi.

Sumber:
http://news.rakyatku.com/read/99582/2018/05/03/diskominfo-makassar-raih-penghargaan-most-perform-in-smart-city-initiative

Posting Komentar

0 Komentar