Jabar Telematika Siap Bangun Infrastruktur Smart City di Jabar


Bandung, Gatra.com - PT Jabar Telematika (Jabartel) siap menggarap pembenahan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan sistem informasi di kabupaten/kota Jawa Barat yang mengembangkan konsep smart city.

Direktur Utama PT Jabar Telematika, Aliyas mengatakan saat ini penataan infrastruktur smart city di Jawa Barat dan sejumlah wilayah di Indonesia masih kurang terintegrasi. Padahal, kata dia, konsep smart city tersebut mewajibkan peningkatan kualitas dan pelayanan tata kelola infrastruktur jaringan telekomunikasi dan sistem informasi berbasis TI yang optimal.

"Penataan infrastruktur telekomunikasi ini bersifat mendesak. Bukan saja dalam kontek kelancaran dan keamanan berkomunikasi, tetapi juga terkait perannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Aliyas di sela-sela kegiatan Workshop Smar City di Gedung Sate Bandung, Senin (14/5).

Dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi optimal, sambung dia, setidaknya transaksi ekonomi akan lebih mudah dan murah, pelayanan publik lebih cepat, serta arus produksi dan perdagangan semakin meningkat.

Aliyas mengatakan kegiatan Workshop Smart City tersebut diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan mengingat akan dilakukan pemilihan kota/kabupaten di Jawa Barat yang sudah mengimplementasikan program Smart City secara bertahap (Smart City Readyness).

"Penentuan kabupaten/kota di Jawa Barat akan ditentukan oleh Team Smart City yang independen dan professional di bidangnya," katanya.

Guna menunjukkan kesiapan mendorong program Smart City demi mewujudkan Smart Province, anak perusahaan BUMD PT Jasa Sarana ini memastikan akan segera memulai pembangunan saluran serat optic bersama (Ducting Bersama) yang menghubungkan 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, sepanjang ± 3.000 km.

"Ini dilakukan secara bertahap selama 5 tahun," ungkap Aliyas.

Aliyas memastikan saluran serat optic bersama ini juga merupakan salah satu infrastruktur pendukung terwujudnya Smart City di Jawa Barat.

Dalam workshop tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama pembangunan infrastruktur pasif di wilayah Kota Cirebon dan Kota Bandung (inner city).

Kerjasama ini melengkapi konsesi yang sudah dimiliki oleh PT. Jabar Telematika sebelumnya (wilayah Bandung Raya dan Kabupaten Kuningan). DED (Detailed Enginering Design) saluran serat optic bersama di Bandung Raya sudah dibuat 2016 lalu oleh Diskominfo Jabar.

"Selanjutnya adalah fase pembangunan dan pengelolaan saluran serat optic bersama oleh PT. Jabar Telematika," ujarnya.

Sumber:
https://www.gatra.com/rubrik/nasional/pemerintahan-daerah/322413-jabar-telematika-siap-bangun-infrastruktur-smart-city-di-jabar

Posting Komentar

0 Komentar