Blora All Out Wujudkan Smart City


BLORA, suaramerdeka.com - Pemkab Blora bertekat all out menyiapkan diri mewujudkan Blora sebagai daerah smart city di Indonesia. Sejumlah tahapan menuju Blora menjadi lebih pintar dan cerdas, khususnya bagi aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat. Salah satu tahapan penting sebagaimana dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Blora menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Blora.

Bintek dua hari di Aula Bappeda itu sebagai tindak lanjut dari sosialisasi dan focus group discussion (FGD) smart city, Kamis pekan lalu. Melalui bintek tersebut akan menghasilkan output berupa buku 1 yang berisi analisis masa depan, analisis kesiapan daerah serta analisis visi pembangunan smart city.

"Jadi, buku 1 itu akan memberikan visi tentang pengembangan smart city di Kabupaten Blora. Kemudian dilanjutkan bimtek II sampai bimtek IV hingga menghasilkan masterplan smart city dan quick win (solusi cepat) terwujudnya smart city," ujar Kepala Dinkominfo Blora, Sugiyono

Bintek dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irawadi mewakili Bupati Djoko Nugroho. Dalam sambutannya, Sekda mengharapkan program smart city nantinya bisa membuat Blora menjadi lebih pintar dan cerdas. "Khususnya bagi aparatur sipil negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tandas Komang Gede Irawadi.

Smart city tidak hanya teknologi saja, termasuk di dalamnya smart ekonomi. "Melalui bintek ini, semuanya harus berperan untuk mewujudkan Blora smart city," ujarnya.

Bintek menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) yang diwakili Chairina. Adapun pembimbing teknik, Rini Rahmawati,dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Peserta bintek di antaranya dewan smart city, tim pelaksana dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) atau dinas dan instansi terkait.

Sumber:
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/103599/blora-all-out-wujudkan-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar