Pemkab Batang Gandeng Komunitas untuk Kembangkan Smart City


TRIBUNJATENG.COM.BATANG - Setelah Menandatangani Memorandum Of Understanding ( MoU ) dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Pemkab Batang menggelar sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City, di Aula Kantor Bupati Batang Senin, (16/7/2018).

Bupati Batang Wihaji yang membuka secara langsung sosialisasi tersebut mengatakan, Smart City merupakan program prioritas visi dan misi Pemkab Batang, oleh karena itu Kerjasama Pengembangan samart city dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika harus di tingak lanjuti serius, dan Batang merupakan salah satu 50 Kabupaten yang di tahun 2018 mendapat pendampingan dalam pengembanga Smart City.

“ Kita undang semua Organisasi Pemerintah Daerah ( OPD ) dan komunitas yang nantinya secara bersama – sama, mengembangkan smart City, karena tanpa sthakeholder dan kuminitas tidak akan berhasil,” tutur Wihaji dalam rilis kepada Tribunjateng.com.

Pertemuan itu dikatakannya untuk mensosialisasikan sekaligus bimbingan teknis ini akan dapat tergali dan mengetahui kebutuhan serta dukungan untuk menyuskseskan smart city, sehingga pelayanan apa yang menjadai kebutuhan masyarakat.

“Smart city bukan memperbanyak aplikasi, tapi bagaimana bisa melayani masyarakat denga teklnologi yang efektif, efisien dan sederhana, inilah yang kami inginkan,” ujarnya.

Sekarang sudah zamannya teknologi informasi, sehingga perlu kecepatan dan kemudahan untuk melayani masyarakat, termasuk juga kecepatan dalam pembuatan akta lahir atau administrasi kependudukan bisa mendapatkan akta kelahiran, lanjutnya.

“Selain itu Smart City di Kabupaten Batang harus utamakan program prioritas untuk investasi, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi gerakan menuju 100 smart city yang teruang dalam nota kesepahaman ( MOU ) antara Dirjen Aplikasi Informatika Kemntrian Kominfo dengan Kabupaten Batang nomor 26/KOMINFO /HK.03.02/05/2018 tertanggal 8 Mei.

“Kegiatan ini memberikan pengertian danb pemahaman Kepada Peserta Bintek, menciptkan integritas, sinkronisasi dan sinergi antara pengembangan Smart City di pusat dan Daerah, Menyediakan landasan materi dan implementasi praktis berdasarkan konsep smart city, serta mendorong pengembangan samart city yang efektif, efisien, inkluisf, dan partisipasi,” ujarnya.

Disampaikan juga bahwa dengan bimbingan teknis ini akan tersusun dokumen masterplan smart city yang komperhensif dan aplikatif, tersusun dokumen masterplan implementasi smart city jangka pendek satu tahun dan jangka panjang 10 tahun.

“ Dengan Bintek ini akan terlaksana program pengembangan smart city sesuai dengan masterplan,” pungkasnya.

Adapun untuk bimbibingan teknis tersebut hadir sebgi narasumber dari Direktorat E-Gov Kementerian Kominfo dan pembimbing Smart City Dr Windy Gambeta dari Institut Teknologi Bandung ( ITB).

Sumber:
http://jateng.tribunnews.com/2018/07/16/pemkab-batang-gandeng-komunitas-untuk-kembangkan-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar