Dua Komponen Utama Ini Jadi Dasar 'Smart Indonesia'


VIVA – Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) menegaskan setidaknya ada dua komponen utama yang bisa menjadi dasar dari Smart Indonesia atau Indonesia Cerdas, yakni Smart Province and Smart Village.

Kedua hal inilah nanti yang akan dibahas oleh Forum Smart City di Indonesia dalam ajang Forum Prakarsa Indonesia Cerdas ke-4 pada 10-12 Oktober 2018. Kota Semarang didapuk sebagai tuan rumah acara tersebut.

Forum ini diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung pada 2015 dan dilanjutkan bersama APIC. Selain acara forum nasional juga diadakan Konferensi Internasional "ICT for Smart Society" yang ke-5 dengan tema utama "Innovation For Smart City and Society 5.0".

"Selain membahas terkait smart city juga dibahas Smart Province and Smart Village sebagai komponen utama Smart Indonesia," ungkap Ketua APIC, Suhono Harso Supangkat, dalam keterangannya, Rabu, 1 Agustus 2018.

Ia menambahkan, selain acara konferensi juga ada acara ideaton dan "co creation" oleh C gen atau millenia Generation. "Acara ini untuk mencari solusi persoalan kota secara gotong royong dengan prinsip kolaborasi," tuturnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berharap forum ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam pengembangan Indonesia menjadi lebih baik dan lebih hebat, termasuk ibu kota Jawa Tengah tersebut.

"Apalagi, tema kegiatan kali ini yaitu “Inovasi Menuju Kota Cerdas dan Masyarakat 5.0”. Ini sesuai dengan konsep pembangunan Kota Semarang yang mengusung semangat Bergerak Bersama," kata dia.

Dalam ajang ini akan dihadiri oleh pemerintah pusat dan daerah, pelaku industri, baik BUMN maupun swasta, akademisi hingga komunitas penggerak smart city.

Selain itu, ada pula pembicara dari luar negeri di antaranya Antony Burke dari University Technology Sydney dan KC Tay, Smart Cities Network Singapore.

Sumber:
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1059956-dua-komponen-utama-ini-jadi-dasar-smart-indonesia

Posting Komentar

0 Komentar