• Breaking News

    Melibatkan masyarakat dalam keputusan pemerintah gunakan SendQuick

    Salah satu index keberhasilan pengukuran e-Government Development Index adalah e-Participation, melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan penting.

    Ini memang selalu menjadi tantangan tersendiri dalam pemerintahan Indonesia. Pendekatan pengumpulan data, survey, diskusi terbuka, sosialisasi memang ada dalam koridor pemerintahan kita. Tetapi tetap saja, pengambilan keputusannya belum tentu transparan.
    Selain masalah transparansi, keterlibatan masyarakat untuk memberikan masukan, arahan dan pendapat terkait dengan kebijakan dan keputusan yang akan dikeluarkan juga seringkali tidak ada. Untuk beberapa hal yang mungkin dirasakan, masyarakat merasakan ketidakadilan karena ketidaktahuan yang terjadi. Demikian juga karena pendapat dan keluhan mereka tidak didengar dengan baik.
    Menjadi pengurus dalam lingkungan pemerintahan memang selalu tidak mudah. Apabila dibuka jalan akses untuk publik memberikan masukan, maka seringkali dikuasai oleh kelompok tertentu yang seolah juga memaksakan kehendak. Demikian sebaliknya, bila tanpa akses untuk publik, seolah kita tidak mendapatkan kesempatan memberikan masukan. Sebagian lagi cenderung tidak peduli, tetapi merasa marah dan terancam bila keputusan dan kebijakan yang diambil tidak sesuai dan menyinggungnya.
    Lalu apa yang teknologi bisa lakukan ? Berbagai saluran media melalui sosial media sekarang telah ditempuh oleh berbagai instansi pemerintah untuk mendengarkan pendapat dan keluhan warganya. Beberapa tahun yang lalu marak dengan layanan SMS, kemudian website, sekarang ini sosial media.
    Apapun salurannya, yang penting adalah tindak lanjutnya. Itu kata kuncinya. Memastikan masyarakat mengetahui bahwa pendapat dan keluhan mereka didengar juga menjadi tantangan tersendiri.
    Salah satu solusi yang kami kembangkan adalah menggunakan solusi dari SendQuick. Dengan menggunakan SendQuick Entera dimana di dalamnya ada kemampuan monitoring melalui media sosial, metode interaksi dua arah pun dapat terjadi dengan mudah.
    Secara default memang SendQuick banyak digunakan awalnya untuk komunikasi SMS dua arah. Tetapi dalam perkembangan Oktober 2017 merilis kemampuan untuk berkomunikasi dengan API dari berbagai sosial media dan messenger. Beragam integrasi bisa dilakukan untuk mendapatkan akses publik.
    Silahkan kontak kami untuk mendapatkan solusi SendQuick ini, kontak :
    PT Daya Cipta Mandiri Solusi - 021-29622097/98 - 08121057533
    askme@dayaciptamandiri.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad