Raih Juara 1 Kompetisi Aplikasi, Mahasiswa Asal Tegal Ini Buat "Smart City Tegal"


TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Mahasiswa dari Politeknik Harapan Bersama (PHB) Kota Tegal meraih prestasi di tingkat nasional.

Kali ini, Mahasiswa yang mendapat prestasi berasal dari program studi (prodi) DIV Teknik Informatika (TI).

Mereka adalah Fanni Naditya Putra, Azka Wildan Mukholladun dan Novianto Arief Wibowo yang tergabung dalam “Tawakal Team”.

Mereka bertiga berhasil meraih juara pertama dalam Grand Final Mobile Application Competition (MAC) IT Holic 2018 pada Kamis, 2 Agustus 2018 lalu di Gedung Bandung Creative Hub (BCH), Jalan Laswi, Kota Bandung.

MAC IT Holic adalah ajang kompetisi membangun aplikasi yang diimplementasikan ke dalam smartphone dengan berbasis platform android.

Acara berskala nasional tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi (STT), Bandung.

Kompetisi itu mulai dilaksanakan mulai dari tanggal 21 Mei 2018 dan dibagi dalam beberapa tahap.

Mulai dari tahap, pendaftaran, penyisihan serta berakhir di tahap penjurian final pada tanggal 2 Agustus 2018.

MAC IT Holic kali ini mengangkat tema "Smart City" yang diikuti sebanyak 100 peserta mahasiswa D1/D2/D3 hingga S1 dari perwakilan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia berlaga dalam tim (maksimal 3 orang).

Adapun produk yang dihasilkan Tawakal Team yaitu Smart City Tegal berbasis mobile dengan Platform Android.

Smart City Tegal mempunyai lima fitur utama, yaitu fitur 'Darurat' yang dapat digunakan untuk laporan kecelakaan lalu lintas.

Kemudian ada fitur Pengaduan dapat digunakan untuk laporan kerusakan terhadap infrastruktur jalan.

Lalu, fitur E-Gov yang menampilkan seputar info kota dan pendidikan.

Selanjutnya, fitur E-Bussiness yang diproyeksikan menjadi lapak online terintegrasi dengan nomor telpon genggam, WhatsApp, email lokasi pelapak.

"Lalu terakhir fitur E-Health untuk konsultasi dengan dokter," kata, Kepala Prodi D IV TI kampus PHB, Ginanjar Wiro Sasmito kepada Tribunjateng.com, Kamis (9/8/2018).

Pada acara puncak grand final lalu, Tawakal Team mendapatkan juara 1, dengan urutan juara 1 dari mahasiswa PHB, juara 2 dari mahasiswa universitas Telkom dan juara 3 dari mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang.
Dalam hal ini, Ginanjar mengatakan sangat bersyukur atas keberhasilan mahasiswanya yang dapat meraih juara ke 1.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi PHB dan ini untuk kesekian kalinya mahasiswanya mampu menorehkan prestasi di kancah nasional,” ujar Ginanjar.

Ginanjar memiliki harapan besar bagi mahasiswa PHB khususnya mahasiswa di prodi TI.

Dia berharap agar pencapaian ini dapat menggugah semangat dan kreativitas mahasiswa agar lebih berminat untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

“Prestasi ini dapat menjadi tolak ukur keberhasilan daya serap mahasiswa terhadap kurikulum maupun materi kuliah yang diberikan oleh dosen, kedepannya kami juga berharap agar aplikasi berbasis android ini dapat dikembangkan lagi dan Smart City Tegal dapat diimplimentasikan oleh pemerintah kota Tegal,” ujar Ginanjar.

Sumber:
http://jateng.tribunnews.com/2018/08/09/raih-juara-1-kompetisi-aplikasi-mahasiswa-asal-tegal-ini-buat-smart-city-tegal?page=all

Posting Komentar

0 Komentar