Skill apa yang paling diperlukan dari lulusan SMK (Status Des 2018)

Inilah pertanyaan dasar yang kerap kami bicarakan dalam berbagai forum. Mungkin secara umum, karena kami melihat banyak lulusan yang tidak bisa langsung bekerja, bahkan cenderung ditolak dan tidak diambil oleh perusahaan. 

Kami mengikuti rembuk SMK yang dilakukan baru-baru ini, dan kami mengambil data secara singkat, dimana inilah skill yang paling diharapkan dari lulusan SMK.



Forms response chart. Question title: Apa skill SMK yang paling anda perlukan? (pilih yang sesuai). Number of responses: 42 responses.


Menariknya adalah, yang paling tinggi masih terkait dengan kemampuan lulusan SMK untuk bisa jualan atau menjadi sales. Terlepas dari jurusan yang mereka ambil, tapi ini rupanya yang menjadi konsentrasi yang dicari dari lulusan SMK. 

Data ini bisa saja tidak sepenuhnya sesuai, tapi memang ada pentingnya menyiapkan lulusan SMK untuk bisa membantu berjualan atau menjadi sales. Ini juga merupakan bidang skill umum, yang tentu saja bisa dibantu dan dikembangkan dari lulusan SMK.



Ini juga yang akan membuat kami untuk memikirkan program dan kerjasama untuk membantu lulusan SMK bisa berjualan, bisa menjadi sales, kalau ada latar belakang teknisnya, minimal menjadi sales teknis, atau pre-sales.


Kedua, terkait dengan programming. Jadi tetap kebutuhan programmer, dan diharapkan dari lulusan muda dari SMK. Memang tidak mudah, karena kebutuhan industri tentu saja lebih tinggi atau cepat berubah tergantung kebutuhan pasar.

Nantikan program kerja kami di tahun depan, terkait dengan membina dan memampukan lulusan SMK untuk berjualan, dan menjadi sales terbaik, dan programming yang terkait kebutuhan pasar.



Posting Komentar

0 Komentar