• Breaking News

    Terapkan Smart City, Pemkot Palembang Luncurkan Aplikasi


    REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meluncurkan aplikasi yang diberi nama Halo Palembang. Program aplikasi untuk menuju Palembang sebagai smart city tersebut, diluncurkan Wali Kota Palembang Harnojoyo, Rabu (5/12). 

    “Ada banyak pelayanan yang bisa digunakan masyarakat melalui aplikasi Halo Palembang. Silahkan masyarakat mengunduhnya. Sejak hari ini sudah bisa dimanfaatkan,” kata Wali Kota Palembang Harnojoyo yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Palembang M Yanurpan Yani.

    Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait pelayanan yang ada di kota Palembang sekaligus melayani masyarakat selama 24 jam. “Dalam aplikasi Halo Palembang ada banyak fitur, tersedia 569 pelayanan dari 63 unit layanan, baik organisasi perangkat daerah, perusahaan swasta,  kecamatan sampai kelurahan,” ujarnya.

    Dia menjelaskan, dalam aplikasi Halo Palembang, ada 21 fitur yang bisa dimanfaatkan warga Palembang. Ada daftar acara Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, kinerja Kota Palembang, call center 112,  laporan warga, SIM online Palembang, info lowongan kerja, hingga fitur telepon sahabat anak (Tesa).

    Harnojoyo menambahkan, Pemkot Palembang akan terus mengembangkan cakupan layanan yang ada dalam aplikasi Halo Palembang. Pemkot, kata dia, akan melakukan sinergi dengan instansi vertikal seperti PLN dan Polresta tentang pembuatan SIM. 

    Menurut dia, aplikasi Halo Palembang tidak hanya mempermudah warga Kota Palembang, seperti untuk berurusan dengan organisasi perangkat daerah (OPD). “Aplikasi Halo Palembang juga dimanfaatkan warga di luar Sumatera Selatan. Ada fitur pariwisata di Palembang yang berisi destinasi wisata," ujar dia.

    Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang Yanurpan Yani, aplikasi Halo Palembang dibantu 130 operator dari 63 unit layanan. Dia menjelaskan, ada beberapa pelayanan yang bisa digunakan seperti mengecek harga bahan pokok, mengecek harga ikan patin, hingga laporan warga.

    "Ada juga peta lokasi kantor pelayanan, cek tagihan PDAM, melacak armada Bus Transmusi,  mobil jenazah, ambulans, dan call center 112," kata dia.

    Sumber:
    https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/12/05/pj9rpk416-terapkan-smart-city-pemkot-palembang-luncurkan-aplikasi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad