• Breaking News

    Situbondo Menuju 100 Smart City se Indonesia

    Sekdakab Situbondo, Drs.H.Syaifullah,MM (Paling Kanan) saat Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kementerian Kominfo Tentang Program Smart City Nusantara, kemarin.
    Situbondo – Kabar gembira buat seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo. Karena Pemkab Situbondo telah berhasil terpilih masuk 100 Kabupaten/kota se indonesia dalam program smart city nusantara, yang diharapkan akan menerapkan smar city dengan baik dan benar. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Kominfo tentang program smart city nusantara. Yang bertempat di Santika Hotel Jakarta, Rabu (15/5/2019).

    Keterangan yang berhasil dihimpun Wartawan Memontum.com, Pemerintah Kabupaten Situbondo hadir pada acara tersebut. Bupati H.Dadang Wigiarto,SH diwakili oleh Sekretaris Daerah Situbondo, Drs.H.Syaifullah,MM dan Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Drs.H.A.Basori Sonhaji,M.Si, serta didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro,S.Sos, M.Si selaku pejabat berwenang pada program smart city.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Drs.H.Syaifullah,MM mengatakan, berdasarkan hasil seleksi Assestment Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 yang diselenggarakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, telah meluluskan dan menetapkan Kabupaten Situbondo sebagai salah satu dari 25 ( dua puluh lima ) kabupaten/kota terpilih yang akan mendapatkan panduan untuk mengikuti kegiatan pendampingan penyusunan masterplan smart city dari Kementerian Kominfo RI serta pendampingan berupa fasilitasi aplikasi yang berbasis cloud dalam rangka pelaksanaan implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia.

    Sambung Sekdakab H.Syaifullah, Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program lintas kementerrian dan instansi, diantaranya Kemkominfo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan yang bertujuan untuk membimbing Kabupaten/Kota menyusun masterplan smart city dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

    ” Konteks penyusunan tersebut didasari atas tuntutan kompleksitas masalah yang muncul di perkotaan, seperti pertumbuhan penduduk, perubahan iklim, kemacetan, kemiskinan, kriminalitas, bencana alam dan sebagainya, “terang H.Syaifullah.

    Disebutkan Sekdakab, melalui Konsep kabupaten Situbondo IR (Intellegence Room) diharapkan menjadi jawaban dari beragam permasalahan tersebut, serta memberikan dukungan pada pelayanan dasar bagi masyarakat luas dengan menyesuaikan pada kondisi karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Situbondo.

    Kata Dia, diharapkan dalam visi pembangunan akan menciptakan Kabupaten Situbondo yang berdaya saing dan berbasis teknologi didukung sinergi smart economy, smart people, smart government, smart mobility dan smart living.

    Lebih lanjut Sekdakab H.Syaifullah Menambahkan, bahwa tujuannya sebagaimana disampaikan menteri dalam negeri dalam sambutannya bahwa penerapan program ini adalah untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat.

    ” Alhamdulillah kabupaten situbondo dengan masuk terpilih program smart city nusantara sehingga akan mendapatkan pendampingan dari pusat, dari beberapa kementerian untuk penerapan smart city, “ungkapnya.

    Sekda H.Syaifullah berharap, tentunya masyarakat akan mendapatkan kemudahan di berbagai bidang khususnya kemudahan pelayanan dan tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat, pungkas Sekdakab H.Syaifullah. (im/yan)

    sumber : https://memontum.com/84301-situbondo-menuju-100-smart-city-se-indonesia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad