• Breaking News

    Himpuni Minta Pemerintah Fokus Hadapi Revolusi Industri 4.0

    Koordinator Presidium III Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) Maryono bersama Ketum IKA UB Syamsul Ma’arif (kiri)dan Sekjen IA UPNVI Zulmar Zainuddin (kedua kanan) saat Konfrensi Pers di Jakarta, Jumat (14/6/2019). ( Foto: Istimewa / - )
    Jakarta- Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) menyatakan siap menjadi mitra strategis pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

    Komitmen ini disampaikan Koordinator Presidium III Himpuni, Maryono. Menurutnya SDM merupakan unsur penting yang akan berperan bagi masa depan Bangsa Indonesia. Apalagi, lanjutnya, Indonesia merupakan negeri yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).

    Selain untuk pengelolaan SDA, peningkatan keterampilan SDM juga perlu dilakukan agar negara ini mampu berkompetisi dengan entitas negara lainnya dalam skala global.

    “Oleh karena itu, Himpuni meminta pemerintah fokus dalam tindak lanjut rencana peningkatan keterampilan SDM. Kami pun siap menjadi mitra pemerintah sehingga SDM Indonesia mampu menjawab tantangan dan kebutuhan di era revolusi industri 4.0,” jelas Maryono dalam Konferensi Pers Himpuni di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

    Menyinggung masalah kontestasi kepemimpinan nasional, Himpuni mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang telah terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum pada 17 April lalu.

    Selanjutnya, Himpuni berharap agar seluruh entitas di negeri ini dapat bersatu padu untuk menciptakan kondisi yang stabil di berbagai bidang di seluruh Indonesia.

    “Kami berharap segenap komponen bangsa segera melakukan konsolidasi dan menciptakan kondisi yang kondusif,” tutur Maryono.

    Maryono yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) ini menyatakan Himpuni akan mendukung pemerintahan baru dari hasil pemilu lalu.

    “Kami berharap pemerintahan yang akan datang dapat lebih meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang lebih efektif, efisien, manusiawi, dan kinerja yang lebih meningkat.” ujarnya.

    Pada kesempatan itu, Maryono juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada dua presidium sebelumnya yang telah menghasilkan kinerja optimal. Kinerja tersebut, tambah Maryono, ditunjukkan tidak hanya di sisi internal organisasi, tapi juga di sisi eksternal.

    “Kami berharap presidium kami saat ini akan mampu melanjutkan dan meningkatkan kinerja yang telah dibangun oleh presidium sebelumnya,” tutup Maryono.

    Sebagai catatan, saat ini organisasi yang dideklarasikan pada 20 Mei 2016 beranggotakan sebanyak 39 organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri. Dari hasil Munas Himpuni, ditetapkan tiga Presidium dengan masa kerja masing-masing selama satu tahun.

    Presidium III HIMPUNI saat ini dipimpin oleh IKA UNDIP, dengan wakil koordinator adalah IKA UNRAM, IKA UNJ, ILUNI UNP, IKA ITS, IKA UNS, IKA UB, DAN IA UPNVI.

    Kemudian, Presidium I dengan masa kerja mulai April 2017 hingga Maret 2018 diketuai IA ITB dengan wakil koordinator KA UNSOED, IKA UNHAS, IKA UNSRI, IKA UNPAD, IKA UNAND, HA IPB, KAUJE, dan IKA UNM.
    Masa kerja berikutnya yakni mulai April 2018 hingga Maret 2019 yakni Presidium II HIMPUNI yang diketuai KAGAMA dengan wakil koordinator yakni ILUNI UI, IKA UA, IKA USU, IKA UNSRAT, IKA UNIMED, IKAL UNIB, IKAYANA, dan IKA UPI.



    Sumber: Majalah Investor

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad