• Breaking News

    Meningkatkan Penjualan Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0


    Perkembangan teknologi dan informasi telah mengubah dunia dalam berbagai aspek. Termasuk pula aspek dalam sektor industri. Jika pada era sebelumnya, kehadiran mesin-mesin produksi dapat menggerakkan perekonomian dunia maka di era revolusi 4.0 membuat pendapatan masyarakat dan negara menjadi meningkat tajam. Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan munculnya superkomputer, robot pintar, hingga kecerdasan buatan.

    Kehadiran terknologi tersebut menjadi peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan produksi maupun penjualan. Lantas, bagaimanakah cara meningkatkan penjualan tersebut dengan memanfaatkan momentum kebangkitan dunia digital dalam revolusi industri 4.0? Berikut ulasannya.

    Berikan layanan terbaik

    Dalam dunia bisnis tidak ada yang lebih baik dan berharga dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Walau menggunakan media digital, Anda juga tetap harus mengedepankan pemenuhan kebutuhan konsumen. Misalnya, pada perusahaan ekspedisi atau pengiriman barang. Tidak jarang saat ini perusahaan ekspedisi memiliki sistem yang dapat melacak pengiriman barang kepada konsumen.

    Dengan sistem tersebut, membuat konsumen melacak sampai dimanakah barang pengiriman dan memantau paket dalam keadaan aman. Bila tidak memiliki inovasi seperti ini, maka akan sulit untuk mengembangkan penjualan maupun pendapatan perusahaan di era industri 4.0. Meski terlihat sepele namun, inovasi sistem pelacakan paket ini mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi para konsumennya.

    Lakukan pemasaran secara digital

    Era revolusi industri 4.0 saat ini memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan pemasaran dengan cara lebih mudah dibandingkan cara konvensional. Yaitu dengan menggunakan strategi digital marketing. Bisa dikatakan digital marketing ini adalah aktivitas promosi brand atau produk baik melalui media elektronik seperti televisi dan digital.

    Untuk membantu jalannya digital marketing perusahaan, Anda juga bisa dengan menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dan digital agency. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih digital agency ini seperti budget, tujuan dari pemasaran, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

    Terapkan strategi Omnichannel

    Cara meningkatkan penjualan selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah dengan membangun strategi omnichannel. Melansir dari laman Marketeers, pada dasarnya omnichannel adalah pendekatan pemasaran yang memadukan banyak jaringan guna menciptakan penjualan yang efektif. Jadi, dengan kata lain strategi ini selain memanfaatkan pemasaran secara online juga dilakukan secara offline.

    Contohnya adalah perusahaan Anda memposting produk yang ditawarkan kepada konsumen melalui media sosial atau e-commerce. Lalu, ada calon konsumen merasa tertarik dengan produk tersebut dan melakukan transaksi penjualan secara digital kemudian mengambil barang yang dibeli tersebut di toko perusahaan Anda pada jam pulang kerja, misalnya. Cara ini membuat promosi dan penjualan semakin terintegrasi. Bahkan bisa meningkatkan engagement yang pada akhirnya juga meningkatkan penjualan produk Anda.

    Beralih ke layanan mobile friendly dan tools terbaik

    Maraknya penggunaan smartphone saat ini juga menuntut Anda untuk menyesuaikan diri ketika mempromosikan suatu produk baru kepada konsumen. Di Indonesia sendiri contohnya, saat ini penggunaan smartphone berdasarkan survei Global Consumer Insight 2019 seperti dilansir Katadata menyebutkan, sekitar 47% pembayaran dilakukan secara digital melalui smartphone. Tentu saja, salah satu faktornya adalah adanya kemudahan dan optimalisasi website perusahaan dalam melakukan promosi hingga pembayaran.

    Adalah kesalahan fatal bila di era revolusi industri 4.0 ini perusahaan tidak memperhatikan sebuah website yang ada. Selalu perbarui tampilan dan isi website sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen dengan berbasis mobile friendly. Semakin baik tampilannya maka semakin besar pula potensi menjaring konsumen baru dan penjualan produk pastinya.

    Guna mendukung kelancaran meningkatkan penjualan era industri 4.0, perusahaan juga harus memperhatikan fitur IT yang digunakan. Salah satunya dengan menggunakan CRM tools dengan fitur terbaik.

    Semoga bermanfaat!


    Sumber : https://kumparan.com

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad