• Breaking News

    Pemkot Manado Diwakili Kadis Kominfo Paparkan Progres Implementasi Manado Smart City

    Dinas Kominfo Manado bersama para Asesor setelah berhasil memaparkan pada evaluasi tahap pertama
    Manado– Pemerintah kota Manado yang diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sukses memaparkan Evaluasi Tahap Pertama “Gerakan Menuju 100 Smart City 2019” dihadapan asesor Independen yang terdiri dari Akademisi, Pengiat IT dan Pejabat Kementerian Kominfo.

    Dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo kota Manado Erwin Kontu, SH serta didampingi oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Heintje Lombone, S.Kom, M.Si, kota Manado mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 18 sampai 20 Juni 2019, bertempat di Hotel Aston Banyuwangi, Jawa Timur.

    Kota Manado dalam evaluasi tahap pertama ini mendapat giliran pada hari kedua, Rabu (19/6/2019), dengan memaparkan Progress Implementasi Manado Smart City yang sudah dilaksanakan.

    “Program Quick Win yang turut dipantau pekembangannya pada evaluasi tahap pertama ini adalah Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), dan aplikasi Pajak Online Terpadu (PONTER) sebagai program unggulan dari dimensi Smart Governance dan Smart Economy,” ucap Erwin Kontu.


    Pada kesempatan tersebut, Erwin Kontu juga menjabarkan Program Inovasi Smart City jangka pendek yang sudah dan telah dilaksankan tahun 2018 dan 2019, diantaranya pengembngan aplikasi Pantau Harga Pangan (TAUPANG), Ramalan Iklim Cuaca Cerdas (RICCA), Sistem Pemantauan Masyarakat (SITASYA), Anterian Online (RETE), dll.

    “Pengembangan infrastrukur TIK, perluasan jaringan FO (Fiber Optik), perbaikan ruang server dan penambahan banwidth internet, selanjutnya dari sisi regulasi dibuat Perwako Manado Smart City dan SK Walikota Dewan dan Tim Teknis Manado Smart City,” jelas Erwin Kontu.

    Ditempat yang sama Kabid Aptika Heintje Lombone, turut memaparkan proses pengembangan aplikasi layanan publik dengan bertitik tolak pada Masterplan Smart City.

    Dari hasil pemaparan pada evaluasi tahap pertama ini, terlihat para asesor sangat terkesima dengan progres Smart City yang sudah dilaksanakan oleh kota Manado.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad