Kota Tanjungpinang Siap Menuju Smart City

acara persiapan penyelenggaraan bimbingan teknis tahap I gerakan menuju 100 Smart City yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota, Senin (1/7/2019), f-Humas
Tanjungpinang, – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma memimpin kegiatan acara persiapan penyelenggaraan bimbingan teknis tahap I gerakan menuju 100 Smart City yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota, Senin (1/7/2019).

Rahma mengatakan, gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika, Bappenas, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian PUPR, dan Kantor Staf Kepresidenan.

“Gerakan tersebut bertujuan membimbing kota/kabupaten dalam menyusun rencana (masterplan) Smart City agar mampu memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan dalam masyarakat maupun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah,” ujar Rahma.

Program gerakan menuju 100 smart city telah dilaksanakan pada tahun 2017 dengan 25 kabupaten/kota, 2018/50 kabupaten/kota dan tahun 2019/minimal 25 kabupaten/kota.

Kota Tanjungpinang terpilih setelah mengikuti proses penilaian (assessment) yang sudah berlangsung pada 21-22 Februari 2019 di Gedung Pusat TIK Nasional Tanggerang Selatan, yang dihadiri langsung Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul.

Menurut Raham, usaha menjadi kota cerdas tentunya tidak cukup dilakukan dalam 1 tahun 2019 saja, dalam hal ini Pemerintah Kota Tanjungpinang telah berkomitmen mengikuti program gerakan menuju 100 smart city tahun 2019 tidak lepas dari dukungan semuanya.

“Hal itu mulai di laksanakan pada 8 – 9 Juli 2019 nantinya, sehingga dituangkan juga dalam keputusan Wali Kota Tanjungpinang nomor 286 dan 287 tahun 2019 tentang Dewan Tanjungpinang kota cerdas dan tentang tim pelaksana Tanjungpinang kota cerdas,” demikian katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim mengatakan, didalam terlaksananya acara persiapan penyelenggaraan bimbingan teknis tahap I gerakan menuju 100 smart city Kota Tanjungpinang 2019 merupakan salah satu konsep pengembangan kabupaten/kota berdasarkan prinsip teknologi informasi yang di buat untuk kepentingan bersama secara efektif dan efesien.

Kemudian, adapun hasil yang dicapai kota Tanjungpinang dalam terpilih dalam program menuju gerakan 100 smart city tahun 2019, yang berarti kota Tanjungpinang termasuk dalam 100 kabupaten/kota dari 514 yang terbagi dari 416 kabupaten dan 98 kota.

“Untuk melakukan pendampingan melalui Kemenkominfo untuk mewujudkan kota cerdas di kota Tanjungpinang,” katanya.

Wakil Ketua I DPRD kota Tanjungpinang, Ade Angga ikut mendukung penuh dengan program gerakan menuju 100 smart city Kota Tanjungpinang 2019.

“Semoga kedepannya kita sudah dapat menerapkan dan menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai mall pelayanan publik, karena kita juga menerapkan integrasi antara IT dengan prinsip-prinsip smart government transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik,” ujarnya.


Sumber : https://jurnalkepri.com

Posting Komentar

0 Komentar