Peran Teknologi Sistem Informasi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Big Data

Peran teknologi sistem informasi di era revolusi 4.0. (Dok. Humas ITS)
Surabaya - Era revolusi industri 4.0 saat ini tidak bisa terlepaskan dengan teknologi informasi yang terus berkembang pesat.

Hal itu menjadi dasar Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dalam menggelar Information System International Conference (ISICO) 2019 guna membahas isu tersebut selama tiga hari, sejak Selasa (23/7/2019).

Bertempat di Hotel Bumi Surabaya, Jatim, konferensi ini mendatangkan empat pembicara utama yakni Hyerim Bae dari Pusan National University (PNU) Korea, Robert M Davison dari City University of Hongkong, Rosemann dari Queensland University of Technology (QUT) Australia, dan Torsten Reiners dari Curtin University Malaysia.

Adi Soeprijanto, Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, mengatakan konferensi ini sangat perlu dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu besar.

Para ahli dari luar negeri tersebut akan membagikan bagaimana sebenarnya kondisi perkembangan teknologi yang sudah terjadi di luar Indonesia saat ini yang mungkin masih belum diketahui banyak orang.

Adi berharap dari konferensi ini, para peserta yang merupakan mahasiswa magister atau doktoral bisa memperbesar riset mereka.

"Sehingga akan banyak terkumpul berbagai ide terbaru pada masa kini untuk perkembangan di masa depan," ujar Adi yang juga guru besar Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro ITS itu, dilansir situs resmi ITS, Rabu (24/7/2019).

Sementara itu, Nur Aini Rakhmawati, Ketua Pelaksana ISICO 2019, mengungkapkan peserta dari konferensi ini juga berasal dari berbagai benua.

Kegiatan dua tahunan tersebut juga bertujuan untuk membangun komunikasi dari para peneliti dari berbagai negara. "Harapannya juga bisa membuka peluang student exchange dengan mahasiswa asing," terang Aini, sapaan akrabnya itu.

Ia menyebut bahasan konferensi ini meliputi bagaimana peran teknologi sistem informasi pada era revolusi industri 4.0 dan era big data yang saat ini sudah mencakup pada berbagai aspek. Selain itu, juga membahas mengenai bisnis manajemen.

Selain berdiskusi, Aini menambahkan para peserta yang telah mengirimkan karyanya sebelumnya berupa paper juga diberi kesempatan untuk mempresentasikannya.

Dari hal tersebut akan memunculkan interaksi untuk berbagi ilmu satu sama lainnya. "Selain itu, dipamerkan pula beberapa karya inovasi mahasiswa ITS yang ditujukan bagi seluruh peserta tersebut," tukas dosen Departemen Sistem Informasi itu.


Sumber : https://nusantaratv.com

Posting Komentar

0 Komentar