Pemkab Pati Belajar Smart City Dengan Pemko Medan

Pemkab Pati Belajar Smartcity ke Pemko Medan
MEDAN - Pemkab Pati melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Medan, Senin (29/7/2019). Selain membawa sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), rombongan yang berjumlah 23 orang itu juga membawa beberapa anggota Komisi C DPRD Pati. Di samping ingin bersilaturahmi, kedatangan mereka untuk mengetahui lebih jauh tentang program smart city yang dijalankan Pemko Medan.

Rombongan Pemkab Pati beserta anggota Komisi C DPRD Pati dipimpin Wakil Ketua DPRD Pati H Joni Kurnianto ST MMT. Kedatangan mereka diterima Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekdako Medan Khairul Syahnan ST MAP didampingi Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Medan Zain Noval.

Selain program smart city, Joni mengungkapkan, kedatangan mereka juga ingin mempelajari tentang penyusunan peraturan daerah (Perda) maupun Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang smart city, termasuk pengawasan dan pengendalian menara beserta pengolahan retribusi menara telekomunikasi yang ada di Kota Medan.

“Pemko Medan dan Pemkab Pati pada tahun 2018 sama-sama mengikuti program menuju smart city. Namun kami melihat perkembangan smart city di Kota Medan lebih maju dan sangat pesat. Atas dasar itulah kami datang kemari untuk mempelajari smart city dengan Pemko Medan untuk selanjutnya diterapkan di Kabupaten Pati,” kata Joni.

Asisten Ekbang Khairul Syahnan mengucapkan terima kasih karena Pemkab Pati telah memilih Kota Medan sebagai tempat melakukan kunjungan kerja. Kemudian Syahnan memaparkan secara detail tentang kondisi Kota Medan . Diharapkannya, kunjungan ini mampu meningkatkan tali silaturahmi dan menjadi momentum bertukar pikiran serta pengalaman.

Untuk memaksimalkan pertemuan, Syahnan selanjutnya mempersilahkan Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval untuk menjelaskan mengenai program smart city di Kota Medan.

Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval memaparkan mengenai materi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City yang telah diterapkan Pemko Medan. Kemudian menjelaskan terkait manajemen SPBE, penyelenggara SPBE, quick wins, alokasi anggaran serta Informasi pengawasan dan pengendalian menara telekomunikasi.

“Pemko Medan akan terus melakukan inovasi agar terciptanya smart city yakni dengan memberikan inovasi Medan Clean Track, Medan Tourism, Aplikasi Pengaduan Lapor, Aplikasi Patrol Taru, Aplikasi Pemko Medan serta Medan Command Center,” jelas Zain Noval.

Setelah itu pertemuan dengan Pemkab Pati diisi dengan tanya jawab. Momen ini langsung digunakan sejumlah OPD Pemkab Pati dan anggota Komisi C DPRD Pati menyampaikan sejumlah pertanyaan. Selanjutnya Zain Noval pun menjawab dengan lengkap dan rinci sehingga memuaskan rombongan tamu. Pertemuan ditutup dengan penyerahan cendera mata.


Sumber : https://suaramahardika.co.id

Posting Komentar

0 Komentar