• Breaking News

    IT Memegang Peranan Penting dalam Era Industri 4.0

    Ilustrasi - Mahasiswa STMIK Komputama, Cilacap, Jawa Tengah menggunakan sistem e-Vote untuk pemilihan Ketua BEM. (Foto: GATRA/Dok. STMIK Komputama/far)
    Cilacap, Gatra.com – Akademisi Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer (STMIK) Komputama, Cilacap, Jawa Tengah, Kusnana M.Kom menilai lulusan sekolah Informasi Teknologi (IT) bakal memegang peranan penting dalam era industri 4.0.

    Menurut dia, terkini pekerjaan manusia sudah banyak yang sudah digantikan oleh komputer. Kemampuan analisa mesin pun hampir menyamai manusia dengan terus berkembangnya kecerdasan buatan, atau Artificial Intelligence (AI).

    “Semuanya serba otomatis dengan sistem yang dipasang di sebuah mesin, dalam hal ini komputer,” katanya, di Kampus STMIK, Majenang, Cilacap, Selasa (21/1/2020).

    Akan tetapi, kata dia, secanggih apapun IT, manusia adalah aktor penting dalam sebuah entitas industri. Karenanya, dunia pendidikan memiliki peran untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang responsif terhadap perubahan zaman.

    Menurut dia, kemampuan analisa manusia terus berkembang dengan semakin bertambahnya pengalaman. Di sinilah peran perguruan tinggi dan intitusi pendidikan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan analisa dan bahkan menciptakan terobosan baru.

    “IT bukan untuk menggantikan peran manusia. Tetapi lebih ke support atau mendukung kerja-kerja manusia,” ucapnya.

    Dia menerangkan, IT akan terus menjadi bagian dari sebuah aktivitas usaha. Tak terkecuali, perusahaan atau institusi bisnis. Penggunaan IT menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah institusi bisnis.

    Bahkan, kemampuan IT tak sekadar mencari peluang kerja. Akan tetapi, IT juga memungkinkan seseorang untuk mengembangkan bisnis berbasis IT.

    Dia mencontohkan, kini anak muda banyak yang mendirikan komunitas atau kelompok pengembang startup. Beragam aplikasi dihasilkan. Selain mengasah kemampuan IT, anak muda kreatif juga berpotensi menghasilkan dari aplikasi yang dikembangkannya.

    Dia mengemukakan, STMIK Komputama tersedia dua jurusan, yakni Program S1 Sistem Informasi dan Program S1 Teknik Informatika.

    Program studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam suatu organisasi. Kurikulum program studi sistem informasi bersifat khas, karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis.

    Adapun Program Studi Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer.

    sumber:https://www.gatra.com/detail/news/466538/teknologi/it-memegang-peranan-penting-dalam-era-industri-40

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad