• Breaking News

    Mirip Robot Bumblebee, Jok Mobil Ini Dibuat dari Limbah Otomotif

    Jok mobil Bumblebee (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

    INDOZONE.ID - Siapa tak kenal Bumblebee? Salah satu robot yang paling ikonik yang ada dalam film Transformer. Robot yang satu ini ternyata bisa menjadi inspirasi kreatif dalam dunia otomotif lho. Dalam ajang MBtech Driving Style Awards 2019, salah satu kontestan, yaitu Bengkel Bowo Jok Bekasi berhasil menyabet gelar juara berkat hasil kreasinya yang terinspirasi dari robot Bumblebee. Tim Bengkel Bowo Jok Bekasi sukses memikat hati juri dengan membuat hasil karya fantastis. Mereka membuat desain unik dan berani dengan look 3G berdesain robot Bumblebee.

    Dikatakan oleh Handika Pratama, pemilik Bengkel Bowo Jok Bekasi sekaligus kreator yang mendesain jok berkonsep Bumblebee ini, jok mobil itu ia buat dari bahan-bahan sederhana, yaitu hasil mengumpulkan limbah otomotif yang masih layak pakai.

    jok mobil bumblebee
    Handika Pratama dan Jok mobil Bumblebee (INDOZONE/Wilfridus Kolo)


    "Untuk ide sebenarnya saya terinspirasi dari mobil Bumblebee yang bisa menjadi robot. Oleh karena itu dalam kontes ini saya sudah siapkan konsep untuk membuatnya secara detail," kata Handika saat ditemui Indozone di FX Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020). Lebih lanjut ia menjelaskan bahan baku yang digunakan untuk membuat jok ini. Handika mengaku pengerjaan jok ini tidak menelan biaya besar dan waktu pengerjaan yang lama. "Pengerjaannya kurang lebih 3 bulan. Kalau bahan jok, saya buat dari limbah seperti tulang-tulang motor yang sudah pecah. Saya potong-potong, saya beri busa lagi, lalu saya kuliti, kemudian diatur sedemikian rupa hingga bisa menyerupai Bumblebee," tuturnya Ada pun bahan baku lain yang dipakai ialah helm bekas untuk membuat sandaran kepala, kaleng susu, sockbreaker bekas PCX, koil hingga busi mobil. Joknya sendiri adalah jok bawaan mobil Ayla yang sudah tak terurus. "Batok dari helm bekas, lalu depannya dibuat bentuk tampilan rupa Bumblebee. Kalau biayanya karena bahannya dari limbah, maka hanya mengahabiskan dana sekitar Rp 800 ribu. Semua busanya dari jok motor, dibentuk-bentuk layaknya tangan dan dada. Untu bagua tulang dibuat pakai fiber," tukasnya. Atas hasil karyanya bersama tim membuat jok mobil Bumblebee, Handika dan tim mendapat hadiah berua uang tunai sebesar Rp 15 juga, tropi dan plakat. Ke depan berharap bisa membuat tangan jok Bumblebee bergerak layaknya robot sungguhan. Ia berharap dengan pengakuan dari MBtech, ke depan banyak inovasi jok lagi yang bisa diciptakan.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad