• Breaking News

    Pemkab Evaluasi Tiga Tahun Smart City

    MENINJAU SMART CITY: Pemkab Pemalang menggelar kegiatan untuk meninjau rencana pokok Smart City di hotel Winner. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
    MENINJAU SMART CITY: Pemkab Pemalang menggelar kegiatan untuk meninjau rencana pokok Smart City di hotel Winner. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

    PEMALANG, suaramerdeka.com – Sekda Pemalang Mohammad Arifin mengatakan program Smart City di Pemalang ini sudah masuk tahun ketiga. Program tersebut perlu review dan evaluasi selama pelaksanaan tahun ketiga ini.
    ‘’Tahun 2020 merupakan tahun ketiga Kabupaten Pemalang bergabung dalam Gerakan Menuju 100 Smart City," kata Arifin  saat Review Masterplan Smart City (meninjau rencana pokok kota cerdas) di hotel The Winner Pemalang, Rabu (5/2).
    Bupati Pemalang, kata Sekda, menyambut baik inisiatif penyelenggaraan kegiatan review dan evaluasi program smart city. Menurutnya banyak yang masih membutuhkan pemahaman lebih lanjut tentang masterplan Smart Vity.
    Sekda mengatakan Smart City adalah wadah bagi induvidu untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan yang dirasakan masyarakat Kabupaten Pemalang dalam kegiatan konkret.
    Menurutnya Smart City juga merupakan sebuah konsep yang dirancang bagi suatu kota untuk dapat mendorong peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi (TIK).
    Sementara metode pemecahan masalah secara konvensional tidak dapat lagi mengimbangi kecepatan pertumbuhan. Oleh karena itu dibutuhkan solusi-solusi baru lebih inovatif dan memiliki jangkauan pemecahan masalah lebih besar.
    Dalam kegiatan ini hadir narasumber antara lain Hasyim Gautama dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemkominfo, Windi Gambela akademisi pendamping dan pembimbing Smart City Kabupaten Pemalang, dan Yudia Laksono dari Bappeda Pemalang.
    Gautama mengatakan gerakan menuju 100 Smart City perlu pendampingan untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah. "Pendampingan akan mendorong proses pengembangan Smart City yang efektif, efisien dana partisipatif," kata dia.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad