• Breaking News

    Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

    Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan
    Pada prosesnya, pengembangan konsep kota cerdas (smart city) telah banyak dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam berbagai aspek guna meningkatkan pelayan publik. Termasuk juga, dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
    Kini warga tidak perlu lagi risau bakal kerepotan untuk bolak-balik ke kantor Kelurahan, Kecamatan dan Dukcapil. Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta, telah memiliki Alpukat Betawi. Apa itu?
    Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan
    Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dhany Sukma, sebagaimana dilansir beritajakarta.id (18/2/2020), Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi) dihadirkan Pemprov DKI Jakarta untuk memudahkan proses layanan pendaftaran kependudukan secara daring atau dalam jaringan.
    “Dengan aplikasi ini penduduk dapat mengajukan permohonan, penjadwalan, dan memonitor progresnya. Aplikasi ini memberi banyak manfaat, kemudahan serta efisien,” jelas Dhany.
    Dia menambahkan, ada pun jenis layanan yang bisa dilakukan antara lain, pelayanan pencetakan KTP-el), Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Sehingga, layanan untuk perubahan elemen data seperti status perkawinan, pekerjaan, tingkat pendidikan, input data kelahiran, golongan darah dan agama, bisa langsung diajukan melalui aplikasi ini.
    Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan
    Dia menegaskan, warga juga tidak perlu ada kekhawatiran saat penggunannya. Pasalnya, lewat aplikasi ini juga bisa dilakukan komunikasi dua arah antara warga pengaju permohonan dengan petugas layanan. “Alpukat Betawi juga memuat layanan arsip dokumen administrasi kependudukan mencakup duplikat dan legalisir akta perkawinan, kelahiran dan kematian,” jelasnya.
    Soal animo masyarakat, Dhany menilai cukup baik. Buktinya, sejak diluncurkan hingga hari ini tercatat sudah ada 8.935 warga Jakarta yang telah terdaftar sebagai pengguna aplikasi aktif. Bagi warga yang belum, diimbau untuk segera memanfaatkan aplikasi ini demi efisiensi.
    Caranya? Cukup mudah, warga hanya perlu mengunduhnya dari Play Store Android, kemudian registrasi dan konfirmasi begitu muncul notifikasi pendaftaran melalui layanan pesan singkat (SMS). Terakhir, setelah semua urutan tersebut dilalui, maka warga bisa langsung log-in di Alpukat Betawi dan menggunakan berbagai layanan yang tersedia. Selamat mencoba, Pointers!

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad