Transify, Tempat Sampah Cerdas Karya Mahasiswa UB

Trash Classifying atau disingkat Trasify. (Foto: Humas UB)

NUSADAILY.COM-MALANG-Tiga Mahasiswa Universitas Brawijaya yang menamakan dirinya Tim TroubleSolver membuat sebuah terobosan yang dinamai Trash Classifying atau disingkat Trasify.
Mereka mengembangkan produk tersebut di bawah bimbingan salah satu dosen FILKOM Raden Arief Setyawan ST MT.
Dilatarbelakangi permasalahan sampah yang bisa dibilang cukup pelik di Indonesia, tim yang beranggotakan mahasiswa angkatan 2017 dari Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) dan Fakultas Teknik (FT) ini ciptakan Trasify. Mereka adalah Dandy Fajar Mahendra (FT), Muhammad Wildan Oktavian (FILKOM) dan Wiken Cahyo Pambudi (FT).
Berbasis Internet of Things (IoT) yang dikombinasikan teknologi image processing dan Artificial Intelligence (AI), Transify adalah tempat sampah inovatif yang mampu secara otomatis mengklasifikasikan sampah berdasarkan jenisnya.
Dikutip dari Malang times, Wildan memaparkan selain secara otomatis mendeteksi dan memilah sampah sesuai jenisnya, Transify juga ramah lingkungan karena menggunakan energy yang berasal dari panel surya 5V.
Ditambah lagi, Trasify juga memiliki fitur tambahan untuk publik sebagai pembuang sampah dan bagi petugas kebersihan.
Bagi pembuang sampah, trasify dibuat mampu menerapkan fitur reward. Dengan fitur ini maka pembuang sampah akan diberikan reward berupa saldo e-money.
“Yang mana dapat digunakan sebagai tiket penggunaan bus kota bagi masyarakat yang mendukung gerakan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya,” lanjutnya.
Sementara itu bagi petugas kebersihan, trasify memiliki fitur pendeteksi lokasi tempat sampah. Dengan fitur ini maka petugas kebersihan dapat dengan mudah memonitoring titik lokasi keberadaan tempat sampah trasify dan juga bisa mendapat notifikasi jika trasify tersebut sudah penuh.


Posting Komentar

0 Komentar