• Breaking News

    Mengenal Zoom, Aplikasi yang Dipakai Presiden Jokowi Rapat Kabinet Online

    Aplikasi Zoom untuk Rapat Online

    Virus Corona (COVID-19) mengubah dunia, termasuk Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2, pemerintah meminta para pekerja untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH).
    Tentu saja, kegiatan wfh tidak akan pernah sama dengan bekerja di kantor. Satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah kegiatan meeting. Pasalnya, cukup sulit untuk bertatap muka dengan banyak orang dalam sebuah sistem.
    Nah, ada solusi menarik yang dijamin bisa menjawab kesulitan tersebut. Solusi tersebut berupa aplikasi bernama Zoom. Aplikasi ini begitu menarik perhatian, terutama di masa-masa bekerja dari rumah ini. Alasannya, aplikasi ini bisa mempertemukan 500 orang sekaligus secara virtual dalam sekali waktu.  
    Nama Zoom juga makin ngetren setelah Presiden RI Joko Widodo menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.
    Tertarik untuk menggunakan aplikasi Zoom? Apakah aplikasi Zoom berbayar? Bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom? Apakah Zoom bisa digunakan di perangkat HP? Temukan jawabannya di artikel berikut ini ya!

    Apa itu aplikasi Zoom?

    Zoom
    Aplikasi Zoom (foto: APK Pure)
    Sebagaimana dirangkum dari Pocket-Lint, aplikasi Zoom adalah layanan konferensi video berbasiskan cloud. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. 
    Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut.
    Saat membicarakan Zoom, ada dua istilah umum yang bakal sering kamu dengar, yakni Zoom Meeting dan Zoom Room. 
    Zoom Meeting adalah pertemuan (meeting) menggunakan aplikasi Zoom. Kamu bisa bergabung dengan meeting tersebut dengan menggunakan webcam atau telepon. 
    Sementara itu, Zoom Room merupakan solusi ruangan konferensi bagi perusahaan. Apabila perusahaan kamu berlangganan Zoom Room, biasanya ada satu ruangan khusus yang dibekali dengan solusi tersebut. Solusi tersebut bisa berupa hardware dan software untuk konferensi video atau hanya software-nya saja. Satu hal yang pasti, dalam satu ruangan rapat itu terdapat solusi dari Zoom. 
    Zoom Room juga membutuhkan biaya berlangganan tambahan, selain biaya standar.

    Fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi Zoom?

    Zoom
    Aplikasi Zoom (foto: APK Pure)
    Masih dirangkum dari Pocket-Lint, berikut fitur-fitur penting yang ada di Zoom.
    One-on-one meetings: Mengizinkan kamu untuk melakukan meeting atau konferensi video dengan satu pengguna lainnya. Fitur ini bisa terus digunakan secara terus-menerus (unlimited) bahkan dengan free plan (tidak berlangganan layanan Zoom).
    Group Video Conferences: Konferensi video beramai-ramai, alias lebih dari satu orang. Layanan Zoom bisa mengakomodir pertemuan virtual hingga lebih dari 500 orang (jika kamu menggunakan add-on tertentu). Free plan mengizinkan kamu untuk mengadakan konferensi video hingga 100 orang dengan batas waktu 40 menit. 
    Screen sharing: Konferensi one-on-one atau dengan grup besar dan membagikan layar dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang kamu lihat.

    Bagaimana cara kerja aplikasi Zoom?

    Satu hal yang harus kamu tahu, sebelum memulai menggunakan Zoom adalah biayanya. Memang aplikasi Zoom bisa kamu gunakan secara gratis, meski bakal ada banyak batasan. Untuk lebih leluasa, sebaiknya kamu memang berlangganan. Untuk mengetahui biayanya, silahkan lihat poin di bawah ini.

    Biaya berlangganan Zoom

    Zoom Free. Gratis. Kamu bisa mengadakan meeting one-on-one secara tidak terbatas, alias tanpa ada batasan waktu. Group meeting dengan banyak partisipan (100 orang) dibatasi hingga 40 menit. Meeting melalui Zoom Free ini juga tidak bisa direkam. Paket ini cocok bagi kamu yang baru mau merasakan fitur-fitur Zoom sebelum memutuskan untuk berlangganan.
    Zoom Pro. Biayanya USD 15 per host. Dalam artian, host bisa mengundah orang untuk ikut meeting. Peserta meeting bisa saja gratis, alias hanya host-nya saja yang membayar. Kamu bisa merekam meeting, tetapi waktu meeting terbatas 24 jam saja. Bisa memuat partisipan rapat hingga 100 orang.
    Zoom Business. Biayar USD 20 per host. Diharuskan membeli langganan 10 host alias USD 200. Menawarkan meeting hingga 300 orang dalam sekali waktu. Menawarkan cloud transcript dan layanan call center ke pihak Zoom secara dedicated. Kamu juga akan mendapatkan semua layanan Zoom Pro.
    Zoom Business Enterprise. Biaya USD 20 per host dengan jumlah host minimal mencapai 100 akun alias USD 2.000. Layanan ini ditujukan untuk perusahaan dengan karyawan lebih dari 1.000 orang. Selain itu, ada tawaran menyimpan rekaman meeting secara tidak terbatas.

    Aplikasi Zoom tersedia untuk desktop dan HP. Versi desktop tersedia untuk Windows dan MacOS. Sementara itu, platform yang tersedia untuk HP adalah Android dan iOS.
    Aplikasi itu mengizinkan kamu untuk bergabung dengan meeting tanpa harus sign in. Bisa juga dengan sign in dengan menggunakan akun Zoom, Google, Faebook, atau SSO. 
    Dengan sign in, kamu bisa memulai sebuah meeting, berbagi layar, mute/unmute mic, mulai/menghentikan video, mengundang orang lain untuk meeting, mengganti nama di layar, hingga merekam berbasis cloud.
    Cara menjalankan aplikasi Zoom cukup mudah, ikuti saja tutorial di bawah ini:
    - Cara paling pertama adalah kamu harus mengunduh aplikasi Zoom terlebih dahulu. Kamu bisa mencari dengan mengetik kata “Zoom Cloud Meeting”, entah itu di browser atau toko aplikasi.
    - Untuk meeting, buka saja langsung aplikasi Zoom. Kamu bisa memilih untuk “Gabung Rapat” atau “Masuk” ke sesi meeting. Kamu bisa masuk dengan menggunakan tautan yang telah diberikan, lalu isi nomor ruangan virtual, dan password yang telah dikirimkan sebelumnya.
    - Selain itu, kamu tentunya bisa memulai rapat sendiri, tentunya sesuai batasan-batasan langganan ya.

    Apakah kamu sudah mulai memakai aplikasi Zoom untuk rapat online saat WFH?

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad