• Breaking News

    Tokopedia Pakai Artificial Intellegence, Buat Apa?

    Tokopedia


    Jakarta - 
    Di era di mana artificial intellegence (AI) dan Internet of Things (IoT), Tokopedia mengaku juga telah menggunakan AI untuk platformnya. Buat apa ya detikers?
    Ekhel Candra Wijaya External Communications Senior Lead mengatakan sama halnya dengan perusahaan lainnya telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi. Meski dasarnya atau akar dari Tokopedia sendiri e-commerce, kini Tokopedia mempunyai fintech, logistic, dan juga Mitra Tokopedia yakni aplikasi untuk empower bisnis.
    "Teknologi sangat penting untuk memastikan pengguna bulanan kami menemukan, itu kenapa AI dibutuhkan. Untuk pemanfaatan AI kami sudah mulai beberapa tahun dan proses perjalanan jadi AI First Company. Mungkin untuk perusahaan, definisi AI First Company berbeda-beda, menurut AI First Company bisa menghadirkan customers excellence, dengan personalisasi dan rekomendasi yang lebih baik," tuturnya di sela acara Forwat 'Tren Ai dan IoT di Indonesia, di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).
    Selanjutnya, Ekhel mengatakan inovasi dari perusahaan mereka tak akan berhenti. Ia pun mengatakan layanannya akan tetap tertopang teknologi.
    "Di 2020 lebih fokus pada core Tokopedia baik dari sisi manajemen, data dan lain. Prioritas yang jadi sorotan lain consumer, jadi sebelum menerapkan teknologi seperti AI, kita pikir gimana ini bisa menyelesaikan masalah customer dan karyawan," ujar Ekhel.
    Hal lain yang disampaikan Ekhel adalah kebutuhan data yang sangat esensial dan penting karena AI yang tidak baik implementasinya ketika datanya tidak cukup besar dan kuat. Kendati demikian, dengan AI yang tepat guna, AI bukanlah solusi, hanya sebagai enabler.
    "Sebelum pakai AI, cari HP, banyak sekali aksesoris masih masuk. Bahkan yang tidak berhubungan dengan HP sekali, dengan data yang di-input, sistemnya bisa belajar dengan hp. Bisa dilihat dengan AI benar-benar bersih. Kadang customer suka typo, tapi tetap bisa ketemu. Ini bukti AI bisa dimanfaatkan," tandasnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad