Yamaha Nyatakan Siap Sambut Era Motor Listrik, ''Teknologinya Tak Serumit Motor Bakar. . .''

Yamaha Nyatakan Siap Sambut Era Motor Listrik, ''Teknologinya Tak Serumit Motor Bakar. . .''

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yamaha Indonesia menyatakan siap menyambut datangnya era sepeda motor listrik di Indonesia.

M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia mengatakan, Yamaha siap menyongsong era motor listrik.

"Secara struktur mesin, motor listrik tidak terlalu rumit dibandingkan motor bakar atau bisa kita kenal dengan sebutan internal combustion engine. Saya rasa teknisi Yamaha tidak mengalami kesulitan. YMC (Yamaha Motor Company Ltd.) sudah ajarkan kami tentang motor listrik," ujar Abidin saat ditemui di sela pengumuman pemenang kontes mekanik '17th Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2020 ' tingkat Regional Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.
Abidin menegaskan, sebelum era motor listrik benar-benar datang ke Indonesia, Yamaha sudah memperkenalkan teknologi Internet of Things atau IoT di sepeda motor.

"Sekarang kita punya All New NMAX yang tahun ini temanya connected. Yamaha sudah menghubungkan motor dengan IoT, meski baru notifikasi," ungkapnya.

Berdasar catatan Tribunnews, di teknologi IoT ini, baru Yamaha Indonesia yang mempelopori pengenalan teknologi ini di industri otomotif roda dua.


Teknologi Connected terdapat di All New NMAX 155 varian Connected/ABS. Teknologi IoT di skutik ini terkoneksi langsung dengan smartphone melalui Bluetooth lewat Communication Control Unit (CCU) yang terhubung dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) berbasis bluetooth.

All New NMAX 155 Connected/ABS.




Keunggulan utama dari teknologi CCU adalah dapat memunculkan Parking Location, Phone and Message Notification, Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), Fuel Consumption Malfunction Notification.

Abidin menambahkan, manajemen Yamaha sudah menyiapkan pemahaman di level teknisi tidak hanya tentang motor listrik tapi juga motor listrik yang terkoneksi dengan IoT.

Yamaha, kata Abidin, juga menyiapkan aplikasi yang bisa layanin booking service. "Jadi kalau ditanya kesiapan Yamaha tentang motor listrik justru yang lebih rumit bukan itu," ungkapnya.

sumber:https://www.tribunnews.com/otomotif/2020/03/10/yamaha-nyatakan-siap-sambut-era-motor-listrik-teknologinya-tak-serumit-motor-bakar

Posting Komentar

0 Komentar