• Breaking News

    Catatan Singkat Online Gathering APTIKNAS Strategi Bertahan di Krisis Covid-19 - 03 Apr 2020

    Sewaktu Online Gathering APTIKNAS membahas tema "Strategi Bertahan di tengah Krisis Covid-19" yang diadakan secara online dengan aplikasi ZOOM Meeting. Aplikasi Zoom Meeting disediakan oleh EVENTCERDAS.COM dari PT Kota Cerdas Indonesia, salah satu anggota APTIKNAS DKI JAKARTA.

    Seminar online kali ini menghadirkan tiga pembicara yang telah melewati masa-masa krisis sebelumnya, yaitu Bpk Soegiharto Santoso, juga selaku Ketua Umum APTIKNAS, Bpk. Teddy Tjan (Direktur SANKEN), serta Bpk. Virja Dharma Gita (VDG Consulting). Ketiga tokoh ini diundang oleh Bpk. Fanky Christian, Ketua APTIKNAS DKI JAKARTA untuk mengisi sesi seminar online kali ini.

    Bpk Fanky Christian selaku moderator memulai dengan perkenalan para nara sumber, serta menyampaikan slide potential looser dan winner dalam krisis covid-19. Gambar dibawah ini menunjukkan peluang ICT (TIK) bisa menjadi potential winner dalam masa krisis Covid-19.


    Berikutnya sesi Presentasi dari Bpk. Soegiharto Santoso, yang menceritakan lika-liku kehidupannya mengelola bisnis MASTERDATA. Yang mengalami beberapa kali tekanan kirisis, baik krisis tahun 1998 yang telah menghabiskan banyak toko usahanya, serta krisis 2008. Beliau juga kembali menyampaikan tekanan krisis lainnya karena berbagai permasalahan hukum di APKOMINDO. Turun naik kehidupan beliau disampaikan dalam slide-slide penuh makna.



    Sebagai penutup, Hoky juga menyampaikan pesan kuat dari entrepreneur Indonesia, Ciputra, yang menyatakan bahwa selalu ada peluang di balik krisis. 


    Sesi berikutnya adalah Bpk. Teddy Tjan, yang dikenal juga sebagai Branding Expert. Pengalaman Teddy Tjan dalam berbagai perusahaan elektronik, mulai dari distribusi hingga pabrikan menjadi hal yang penting untuk disimak para peserta. Teddy menitik beratkan beberapa hal, diantaranya maksimalisasi sumber daya manusia dan teknologi.


    Teddy juga mengingatkan semua agar mempertajam cost dan ratio keuangan perusahaan atau usaha kita.


    Dan tentu saja, selaku branding expert, Teddy juga mengingatkan tetap pentingnya marketing activities meskipun di kala berat wabah Covid-19. Pertimbangan untuk menggunakan berbagai media lain, khususnya sosial media sangat penting dijajaki oleh pengusaha. 


    Dan tentu, dengan semangat kebersamaan, komunikasi dengan kolega, terutama dalam asosiasi juga menjadi sangat penting


    Sesi terakhir diisi oleh Bpk. Virja Dharma Gita yang memiliki banyak pengalaman sebagai sales dan marketing di perusahaan Metrodata, dan saat ini aktif di VDG Consulting membantu banyak pengusaha untuk berkembang. Sharing yang disampaikan Pak Virja mengingatkan pengusaha untuk melakukan antisipasi terkait business model dan business strategy.







    Sesi berikutnya diisi dengan tanya jawab dan diskusi diantara 49 peserta Online Gathering APTIKNAS. Peserta yang hadir tidak hanya dari Jakarta, tapi juga dari beberapa daerah lain, seperti Surabaya, Semarang. APTIKNAS sendiri saat ini memiliki 29 DPD tersebar di berbagai kota Indonesia. 

    Sebagai penutup, moderator Fanky Christian menyampaikan terima kasih atas kesediaan para nara sumber untuk berbagai dan sharing kepada peserta yang hadir. Dan berikutnya APTIKNAS beserta dengan anggotanya akan tetap bersemangat untuk bersama melewati masa krisis Covid-19 ini. 

    Nantikan kegiatan Seminar Online berikutnya di EVENTCERDAS.COM

    Untuk yang mau bahan materi Online Gathering APTIKNAS 03 Apr 2020:













    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad