Program Pretty Segera Diluncurkan Dorong Parepare Jadi Smart City

Program Pretty segera diluncurkan untuk mendorong Parepare menjadi smart city alias kota cerdas. Foto/SINDOnews/Darwiaty Dalle
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Parepare segera meluncurkan program Pretty (Parepare Smart City) dalam bentuk web portal yang berisi aplikasi layanan dan informasi pemerintahan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Parepare, Iskandar Nusu, mengatakan program tersebut diyakini akan mendorong percepatan terwujudnya Parepare menjadi smart city.

"Tentu berbicara smart city ada banyak aspek, mulai aspek teknologi, ekonomi maupun sosial kemasyarakatan. Nah, untuk Pretty kami konsen pada aspek teknologi," jelasnya.

Pretty, kata Iskandar, merupakan kumpulan website dan aplikasi dalam satu dashboard portal sehingga lebih memudahkan bagi masyarakat dalam mengakses layanan dan informasi pemerintahan. Untuk langkah awal program ini berupa dashboard yang dapat diakses melalui IP adress.

Pada masa mendatang, jelas Iskandar, pihaknya akan mengupayakan program tersebut agar dapat diakses melalui PlayStore. Program ini menjadi salah satu inovasi dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional II angkatan VIII Puslatbang KMP Makassar LAN RI tahun 2020.

"Masyarakat yang membutuhkan layanan pemerintahan berbasis virtual tidak perlu lagi bingung mencari-cari alamatnya di Google, cukup menginstal aplikasi pretty di Playstore, maka seluruh fasilitas layanan aplikasi telah tersedia disana," papar Iskandar yang juga Plt Kadis Perhubungan Parepare.

Iskandar menyebutkan saat ini Dinas Kominfo Parepare mengelola 60 subdomain yang ditautkan di website induk Pareparekota.go.id. Dari jumlah tersebut, 35 merupakan subdomain website dan 25 subdomain aplikasi. Dan seluruhnya akan disatukan dalam satu dashboard sehingga nantinya akan lebih memudahkan dan lebih informatif.

Kabid IKP Diskominfo Parepare, La Ode Arwah Rahman, menambahkan program Pretty merupakan penjabaran dari RPJMD Kota Parepare 2018-2023. Pada RPJMD dimaksud di poin kelima ada visi pemerintahan yang wajib diwujudkan, yaitu menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan pendekatan informasi dan teknologi menuju kota cerdas.

Direncanakan, setelah pembentukan tim kerja, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan dengan stakeholder yang meliputi SKPD lingkup Pemkot Parepare, instansi vertikal, coorporatedan organisasi kemasyarakatan.

"Dipimpin Kadi Kominfo, telah digelar pertemuan untuk mempermantap rencana peluncuran program Pretty. Dan diharapkan didapatkan dukungan dari stakeholder yang ada, sehingga implementasi program ini dapat berjalan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat Parepare," tandasnya.


sumber: https://makassar.sindonews.com/read/101798/713/program-pretty-segera-diluncurkan-dorong-parepare-jadi-smart-city-1594796847

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com
banner_APTIKNAS%2BIT%2BIN%2BTHE%2BREAL%2BWORLD%2BCLOUD%2BCOMPUTING

Posting Komentar

0 Komentar