Implementasi Modul RFID di Dalam Ruangan Berbasis Internet of Things

 

Ilustrasi smart room. [Qanvast]

Teknologi dai tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan atau perkembangan yang terus menerus. Perkembangan yang semakin pesat pula membuat pola hidup atau gaya hidup seseorang sangat ketergantungan oleh teknologi yang ada. Dengan adanya teknologi yang canggih ini maka kita bisa memanfaatkan dengan membuat sebuah ruangan yang pintar atau bisa disebut smart room.

Smart room ini adalah sistem untuk mencegah suatu instansi atau perusahaan mengalami pencurian data, yang dimkasud adalah smart room ini diberi system keamanan yang bisa dipantau oleh admin atau pemilik perusahaan tersebut secara langsung, dan dikendalikan secara jarak jauh dengan menggunakan internet atau disebut juga IoT (Internet of Things). Dengan menggunakan modul RFID dan berbasis android. Modul lainya yaitu kamera dan solenoid door lock.

Dengan kata lain smart room ini digunakan saat seseorang akan masuk ke dalam ruangan yang menyimpan banyak data rahasia dan sangat rawan untuk di curi. Jadi disiasati dengan menggunakan smart room ini agar bisa di deteksi siapa saja yang masuk.

Kartu RFID ini berfungsi untuk mengidentifikasi seseorang dan modul RFID memicu kamera untuk mengambil gambar si pengguna. Setelah itu data dikirim menuju aplikasi dan admin/bos bisa melakukan proses verifikasi untuk mengijinkan atau menolak seseorang untuk masuk ke dalam ruangan tersebut.

Alat ini sangat mementingkkan kecepatan internet untuk mengirim data dari modul ke aplikasi android. Dengan kata lain alat ini tidak akan bekerja disaat koneksi internet kita sedang tidak stabil atau di daerah yang belum bisa untuk mengakses internet.


sumber : https://yoursay.suara.com/news/2020/09/23/173054/implementasi-modul-rfid-di-dalam-ruangan-berbasis-internet-of-things


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Posting Komentar

0 Komentar