Penerapan IoT Bisa Cegah Penularan Covid-19

 

Ilustrasi. Foto Medcom.id


Jakarta: Implementasi Internet of Things (IoT) dinilai dapat meminimalkan kontak antarmanusia di tengah penerapan pembatasan sosial untuk menghindari meluasnya penyebaran covid-19. Pengembangan IoT bisa dilakukan dengan mengubah banyak pekerjaan manual ke digital.

"Selain kita akan tetap harus menjaga jarak atau kontak dengan manusia di saat pandemi ini, juga dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi. Anda tidak akan mengalami kerugian dalam hal efisiensi seperti kebocoran, Anda pun tahu darimana asal data tersebut," kata CEO PT Miota International Technology (Miota) Moshe Panjaitan dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 10 September 2020.

Moshe menambahkan salah satu yang sedang dikembangkan adalah Miota City atau yang lebih dikenal sebagai Smart City. Dengan adanya pengembangan ini, lanjutnya, sangat memungkinkan untuk memonitor penggunaan listrik, air, dan gas dengan lebih efisien tanpa melakukan kontak dengan manusia.

Menurut dia, Internet of Things memiliki banyak kegunaan serta dapat diadopsi di berbagai sektor industri. Saat ini Miota sedang mengintegrasikan solusi end to end managed service.

"Di mana kita memegang mulai dari hardware, desain hardware, firmware, software, dan konektivitas serta infrastruktur dan big data. Hal tersebut memungkinkan setiap orang akan mendapat efisiensi dan juga transparansi. Hal tersebut juga memungkinkan Anda memonitor dengan lebih efisien tanpa melakukan kontak dengan manusia," jelasnya.

Namun, penerapan IoT di Indonesia perlu didongkrak. Pasalnya, implementasi IoT di Indonesia masih sangat rendah. "Harus diakui implementasi IoT di Indonesia masih sangat rendah, mungkin karena tak banyak orang yang bisa menggunakan dengan baik. Saya kira implementasi IoT tidak kurang dari 10 persen," ucap Moshe.

Dalam rangka mendorong penerapan IoT di Indonesia, Miota bekerja sama dengan Muba Electric Power (MEP) untuk mengimplementasikan sistem IoT dalam pengelolaan listrik. Kerja sama ini juga sebagai bentuk nyata Miota untuk penerapan end to end solution Miota City.

"Ada banyak masalah yang bisa diselesaikan oleh IoT. karena kami melihat ada banyak sekali inefisiensi dan non transparansi di lapangan saat ini terutama di perusahaan dan industri. Dengan kemajuan teknologi, hal tersebut bisa diatasi menggunakan platform IoT end to end managed service dari Miota," tutup Moshe.

(ABD)


sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/JKRGq67N-penerapan-iot-bisa-cegah-penularan-covid-19


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com




Posting Komentar

0 Komentar