Ciptakan Pemimpin dan SDM Unggul lewat Data dan Talenta

JAKARTA - Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober, menjadi momentum untuk para pemuda mengevaluasi dirinya. Sehingga bisa memaksimalkan potensi yang ada di dirinya. 


Hal ini juga yang menjadi fokus IYKRA, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang edukasi dan teknologi yang mengambil peran dalam mewujudkan kedaulatan data di Indonesia melalui program training, talent sourcing, konsultansi dan implementasi di area data.

Ciptakan Pemimpin dan SDM Unggul lewat Data dan Talenta


CEO IYKRA, Fajar Jaman mengatakan, IYKRA dan Techbros GmbH ingin menjadikan talenta Indonesia diakui dan dipercaya secara global serta memiliki daya saing yang kuat sebagai pemimpin yang handal dan unggul di berbagai industri di seluruh dunia.

"Menciptakan talenta Indonesia untuk diakui secara global dengan membekali mereka dengan kemampuan teknis dan kompetensi yang relevan untuk saat ini dan seterusnya terutama di bidang Data, AI dan Bisnis," kata Fajar Jaman, Selasa (27/10/2020).

Fajar menjelaskan, IYKRA didirikan pada tahun 2017 oleh sekelompok profesional yang berpengalaman di bidang data lebih dari 15 tahun dengan portofolio dan kredensial yang terbukti.

"Global AI Community akan menawarkan berbagai program pelatihan Data, AI, Bisnis hingga implementasi proyek, dan program menarik lainnya dengan real-world cases," jelasnya.


COO IYKRA, Endiyan Rakhmanda menyampaikan, Global AI Community ini sebagai permulaan akan meluncurkan dua program, yakni program AI Fellowship, program pelatihan data dengan real-world case untuk talenta Indonesia yang baru ingin memulai perjalanannya di dunia data, dan program AI for Business Leader.

"Program untuk para business leader agar dapat mengambil keputusan secara akurat dengan data dan business analytics mindset. Program AI Fellowship dimulai pada Sabtu, 24 Oktober 2020 dengan pesertanya adalah pelajar Indonesia, S1 dan S2 atau fresh-graduate, yang sedang menuntut ilmu di Jerman," jelasnya.

Sedangkan program AI for Business Leader kata Endiyan, akan dimulai dalam waktu dekat dengan peserta yang berada di Swedia. Program AI Fellowship adalah program beasiswa pelatihan data yang memberikan pelatihan intensif sebagai permulaan untuk para pesertanya memasuki dunia data.

"Program ini difokuskan pada pelatihan pengetahuan dan kemampuan dasar data science . Pelatihannya mencangkup pengetahuan dasar matematika, pemrograman, dan keterampilan bisnis yang dibutuhkan untuk industri yang digerakkan oleh AI," ungkap Endiyan.

Co Founder Techbros GmbH, Yudhi Rahadian mengungkapkan, perkembangan teknologi yang terus berubah dengan pesat membuat kebutuhan talenta dengan kemampuan baru yang makin bervariasi.

Menurut Yudhi, kemampuan tersebut antara lain kemampuan yang fokus di bidang bisnis, teknologi, dan data science yang merupakan bentuk penyesuaian dari era digitalisasi yang memanfaatkan Internet of Things (IoT), Big Data, dan Artifical Intelligence (AI).

"Kami berharap talenta Indonesia yang akan terlibat dalam inisiatif ini menjadi terobosan dan membuat dunia mulai menganggap Indonesia memiliki talenta yang ahli di bidang Data, Teknologi, dan Bisnis," tegasnya.

Atase Bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Berlin, Prof Ardi Marwan menambahkan, kita dapat melihat dampak dari implementasi AI di Indonesia, beberapa contohnya adalah dengan adanya setidaknya 4 unicorns di Indonesia.

"Telah banyak bisnis yang berasosiasi dengan AI, dan juga program digitalisasi kota Jakarta dalam program Jakarta Smart City. Global AI Community diharapkan dapat berkembang pesat untuk menciptakan Indonesia dan dunia yang lebih baik," pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan KBRI di Stockholm terhadap Global AI Community, Kuasa Usaha Ad Interim, KBRI di Stockholm Tanti Widyastuti menambahkan, pihaknya berharap implementasi Global AI Community akan menyiapkan dan mengembangkan tenaga kerja Indonesia yang berkualitas yang dapat mempererat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Swedia.

"Kami melihat adanya potensi yang besar untuk talenta Indonesia dapat sukses di bidang data dan advanced technology di Swedia dan di dunia. Pemerintah sekarang sedang berfokus salah satunya pada peningkatan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan rakyat," ungkap Tanti.

"Pendidikan dan pelatihan akan menjadi salah satu kunci utama untuk mewujudkan fokus pemerintah. IYKRA dan Techbros GmbH melalui inisiatif Global AI Community memiliki kesempatan yang sangat strategis untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mewujudkan visi tersebut. Selain itu, Global AI Community diharapkan dapat menjadi penghubung talenta Indonesia dengan opportunity di Swedia dan di dunia," tandasnya.

(maf)
SOURCE: https://nasional.sindonews.com/read/211122/15/ciptakan-pemimpin-dan-sdm-unggul-lewat-data-dan-talenta-1603815011?showpage=all

Posting Komentar

0 Komentar