TERNYATA INI YANG BISA MEMBUAT ANDA BISA BEKERJA

 Dalam pengalaman kami mendampingi anak muda Indonesia menemukan jati dirinya dalam dunia kerja, kami menemukan beberapa hal menarik.

Pertama, mereka merasa KAMPUS TERKENAL adalah segalanya. Kami sendiri hampir dan sangat sering menerima CV dari lulusan kampus terkenal. Pada waktu mereka kami undang untuk hadir, mereka terkesan sangat sombong, terlalu percaya diri, dan bahkan sampai lupa diri.


Kedua, mereka memasukkan banyak SERTIFIKAT di dalamnya. Mulai dari sertifikat keahlian tertentu, hingga sertifikat online yang sangat banyak.

Dan akhirnya, mereka tidak kami panggil di tahap berikutnya. Ada yang salahkah dengan dunia kerja kita ?

Tidak ada yang salah, tapi kita harus memahami beberapa hal penting ini. 

Untuk BEKERJA anda perlu JARINGAN (NETWORK). Baik anda yang baru pertama kali bekerja, ataupun terlebih lagi yang telah memiliki masa kerja. JARINGAN ini bisa berupa KONEKSI, KESAMAAN KAMPUS (ALUMNI), dan berbagai jaringan lain, misal satu tempat ibadah, satu sekolah, satu organisasi, apapun yang bisa menghubungkan anda dengan target tempat anda bekerja. Pelajari profil perusahaan, coba cari tahu, lulusan apa saja yang ada disana, jaringan mana yang anda bisa pakai. Ini faktor utama.

Lalu berikutnya, barulah RESUME, CV anda akan dilihat. Ada preferensi yang tinggi dari JARINGAN tadi, maka RESUME anda yang baik, akan sangat membantu. Untuk yang baru mau bekerja, pastikan anda telah menemukan POTENSI JARINGAN yang bisa membantu anda. 

Maka PENGALAMAN BEKERJA sebelumnya akan dilihat, apakah sesuai atau tidak. Pastikan kita mengetahui POSISI yang kita lamar dengan baik. Minta perjelas tugas dan tanggung jawabnya, sehingga bila ada pengalaman kerja anda yang sesuai, akan membantu. 

Barulah REFERENSI, ini yang bisa membantu anda berikutnya. Referensi bisa berupa rekomendasi dari jaringan anda, kawan anda. Bisa juga rekomendasi dari tempat atau atasan sebelumnya, dan ini pastinya sangat besar potensinya. 

Itulah yang jelas membuat anda bekerja. Itulah sebabnya, kami membuat EVENTCERDAS.COM , sebagai platform untuk bisa membantu anda, menemukan JARINGAN sebagai member. Mendapatkan pengalaman kerja dengan MAGANG / PROYEK, dan berikutnya, kami sedang merancang modul LOWONGAN dan REFERENSI untuk anda. Pastikan anda telah terdaftar dan menjadi member EVENTCERDAS.COM. 


Posting Komentar

0 Komentar