Brasil Luncurkan Jaringan Inovasi AI untuk Dukung Bisnis Berbasis Teknologi

 

Ilustrasi via Tech Crunch

Cyberthreat.id - Brasil meluncurkam jaringan inovasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) nasional yang akan menjadi pusat penelitian untuk mendukung startup dan bisnis mapan dalam pengembangan produk dan layanan berbasis teknologi.

Dikutip dari ZD Net, pemerintah Brasil mengumumkan peluncuran jaringan inovasi nasional yang akan berfokus pada kecerdasan buatan (AI). Peluncuran jaringan AI ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing perusahaan lokal dalam menyediakan produk dan layanan berbasis teknologi.

Jaringan inovasi AI tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi (MCTI) dan Perusahaan Riset dan Inovasi Industri Brasil (EMBRAPII).

Pemerintah Brasil menginvestasikan dana sebesar 70 juta Real Brasil (US$ 12 juta), yang akan digunakan untuk jaringan MCTI/EMBRAPII dalam lima tahun ke depan. Dari jumlah itu, 20 juta Real Brasil (setara US$ 3,5 juta) akan difokuskan untuk penerapan AI pada sektor otomotif dan agribisnis.

Pemerintah Brazil mengatakan, jaringan inovasi AI ini dibuat untuk mendorong penggunaan teknologi di berbagai sektor produktif, melalui penyediaan sumber daya teknologi AI, serta akses ke ekosistem inovasi dengan keterampilan teknologi yang saling melengkapi.

Nantinya akan ada 17 jaringan pusat penelitian, yang dilengkapi dengan infrastruktur dan profesional yang terampil di berbagai bidang seperti pembelajaran mesin, Internet of Things, Big Data, untuk mendukung industri untuk berinovasi.

Sebagian dari sumber daya yang tersedia pada jaringan inovasi AI akan digunakan untuk mengembangkan kompetensi IA di pusat penelitian,  memperkuat kapabilitas penelitian, sereta pengembangan dan inovasi nasional. Pusat penelitian ini juga diharapkan dapat mengintensifkan pertukaran pengetahuan internasional dan kolaborasi dengan jaringan AI utama di dunia, khususnya di Eropa, Israel, dan Amerika Utara.

Jaringan inovasi AI ini juga bertujuan untuk mempromosikan pengembangan kerjasama proyek antara organisasi yang berbeda di sektor swasta. Kerjasama tersebut dapat dilakukan antar perusahaan yang berada pada rantai produksi yang sama, untuk menghasilkan produk dan proses baru yang menguntungkan seluruh sektor.

Tak hanya itu, kerja sama juga akan dipromosikan dalam jaringan antara startup dan bisnis mapan yang ingin berinovasi dalam model bisnis tertentu yang masih tidak biasa di Brasil. Kerja kolaboratif juga dapat terjadi antar pesaing, di mana mereka berbagi biaya dan risiko pengembangan teknologi tertentu, tetapi kemudian menerapkan teknologi tersebut sesuai dengan strategi masing-masing.

Jaringan inovasi AI ini akan dipimpin oleh Telecommunications Research and Development Center (CPqD) dengan wakil presiden dari Federal Institute of Ceará (IFCE), selama 2 tahun mendatang.

Perwakilan dari 12 lembaga mitra swasta akan berpartisipasi dalam Dewan Penasihat Jaringan inovasi AI, yang akan menentukan strategi dan pedoman penerapannya Kelompok tersebut termasuk Asosiasi Internasional Kecerdasan Buatan (I2AI), Asosiasi Industri Internet Brasil (ABII), Asosiasi Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Brasil (BRASSCOM)

Anggota lain dari kelompok penasihat termasuk Asosiasi Perusahaan Teknologi Informasi Brasil (ASSESPRO), Masyarakat Komputer Brasil (SBC), Asosiasi Industri Listrik dan Elektronik Brasil (ABINEE), Asosiasi Perusahaan Pengembangan dan Inovasi Teknologi Nasional (P&D Brasil) , Asosiasi untuk Promosi Keunggulan dalam Perangkat Lunak Brasil (SOFTEX), dan Forum IoT Brasil.

Peluncuran jaringan inovasi AI ini mengikuti peluncuran fasilitas penelitian terbesar Brasil yang berfokus pada AI, Artificial Intelligence Center (C4AI), hasil investasi yang dilakukan oleh IBM, São Paulo Research Foundation (FAPESP) dan Universitas São Paulo (USP).

Pada bulan Oktober, pemerintah juga mengumumkan Kebijakan Inovasi Nasional, yang akan diikuti dengan pembuatan rencana yang lebih luas untuk menangani berbagai aspek perkembangan inovasi di Brasil. Komite Inovasi akan mengkoordinasikan kegiatan dan akan diketuai oleh kantor kepresidenan dan dikelola oleh Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi.[]


sumber: https://cyberthreat.id/read/9065/Brasil-Luncurkan-Jaringan-Inovasi-AI-untuk-Dukung-Bisnis-Berbasis-Teknologi


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

poster_TREN2021%2BSMARTCITY%2BDI%2BTENGAH%2BPANDEMI

Posting Komentar

0 Komentar