Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Desa Digital

 

Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) dengan Tema Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Desa Digital, pada tanggal 26 November 2020, di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta.

JAKARTA, investor.id – Forum Komunikasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota Seluruh Indonesia (ForK4SI) bersama Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dan PT Garindo Media Tama (PT GMT) akan menyelenggarakan Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) dengan Tema Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Desa Digital, pada tanggal 26 November 2020, di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta.

Acara tersebut digelar setelah sebelumnya Aptiknas bersama APJII, ForK4SI, dan PT GMT telah berhasil menyelenggarakan Webinar Pengembangan Teknologi dan Digital Talent dalam Percepatan Transformasi Digital di Daerah pada 10 September 2020 lalu.

Transformasi digital adalah bagian proses dari teknologi yang lebih besar, dan merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Kebutuhan masyarakat akan teknologi di daerah menjadi hal fundamental agar masyarakat tidak tergerus perkembangan zaman, Untuk mengenalkan dan mendekatkan inovasi teknologi tepat guna kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban pemerintah yang berperan untuk dapat mensejahterakan warganya. Kebutuhan masyarakat dalam teknologi antara lain: Pelayanan Publik, Kesehatan, Pendidikan, dan Pariwisata.

Tidak hanya terkait dengan dunia komputer, tetapi juga merambah ke bidang lain dalam lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi. Aptiknas berkomitmen mendukung percepatan teknologi untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat.

Hadir sebagai narasumber pada 10 September tersebut antara lain: Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Basuki Yusuf Iskandar (Kepala Balitbang SDM Kominfo RI) – diwakili oleh Hedi M Idris (Kepala Pusat Pengembangan Profesi & Sertifikasi Kominfo RI), GS Vicky Lumentut (Walikota Manado) – diwakili oleh Liny Tambayong (Kepala Bapelitbangda Kota Manado), Haris S Tome (Ketua Umum ForK4SI), I Nyoman Giri Prasta (Bupati Badung) – diwakili oleh I Ketut Suiasa (Wakil Bupati Badung), Soegiharto Santoso/ Hoky (Ketua Umum Aptiknas), Jamalul Izza (Ketua Umum APJII), Ignatius Benny (Account Manager, Hikvision Indonesia), dan Sabas F. Chahyanto (Vice President Marketing, Primacom Interbuana).

Untuk menyaksikan cuplikan video youtube kegiatan Webinarnya dapat klik via link ini; https://www.youtube.com/watch?v=4LUDaPCwI2s , sedangkan untuk video youtube yang secara keseluruhan dapat klik via link ini; https://www.youtube.com/watch?v=mDH0BVU7UfA&feature=emb_logo
Tujuan diselenggarakannya webinar tersebut adalah;

Pertama, Membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan teknologi digital dan digital talent antara nara sumber, kepala daerah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat.

Kedua, Mensosialisasikan regulasi dan implementasi tentang transformasi digital yang sudah atau akan di laksanakan pada suatu daerah.

Ketiga, Sebagai wadah pertukaran informasi antara Swasta dan Pemerintah, untuk dapat menemukan inovasi yang diperlukan sebagai solusi pemerintah daerah melakukan percepatan transformasi digital di daerah.

Melalui Webinar ini, dengan peserta para Bupati dan para Walikota, para Perangkat Daerah, para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia, para Pakar dibidang TIK, para Praktisi dibidang TIK dan para Pemerhati serta pihak Swasta, maka diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat di Indonesia.

Sedangkan terkait Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Desa Digital, tanggal 26 November 2020, di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta akan hadir sebagai keynote speaker adalah Semuel Abrijani Pangerapan -- Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo RI.

Sementara sebagai narasumber: Ganjar Pranowo-- Gubernur Jawa Tengah, H Mochamad Ridwan Kamil-- Gubernur Jawa Barat, Airin Rachmi Diany --Walikota Tangerang Selatan, Tri Rismaharini--Wali kota Surabaya, Soegiharto Santoso/ Hoky --Ketua Umum Aptiknas, Jamalul Izza --Ketua Umum APJII, perwakilan PT NTT Indonesia Solutions, PT Hewlett Packard Indonesia, dan EBConnecton.

Tujuan diselenggarakannya Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) mendatang adalah;

Pertama, Membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan Smart Technology dan Desa Digital antara nara sumber, kepala daerah dan pelaku usaha untuk dapat diimplementasikan di kehidupan masyarakat.

Kedua, Mensosialisasikan regulasi dan implementasi tentang Inovasi teknologi yang sudah atau akan di laksanakan pada suatu daerah dalam menghadapi keadaan di masa pandemi.

Ketiga, Sebagai wadah pertukaran informasi antara Swasta dan Pemerintah, untuk dapat menemukan inovasi yang diperlukan sebagai solusi pemerintah daerah melakukan pengembangan Smart Technology dan Desa Digital di daerah. Bahwa Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh pola kehidupan masyarakat yang dewasa ini disebut sebagai kehidupan Era Normal Baru, hal ini mendorong berkembangnya Smart Technology yaitu Inovasi teknologi “pintar” yang dapat dimanfaatkan untuk beradaptasi di berbagai bidang untuk tetap menunjang berjalannya roda perekonomian.

Bahwa Desa Digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi.

Bahwa kegiatan tersebut telah menjadi kebutuhan masyarakat akan teknologi di daerah menjadi hal fundamental agar masyarakat tidak tergerus perkembangan zaman, Untuk mengenalkan dan mendekatkan inovasi teknologi tepat guna kepada masyarakat dari kota sampai kepada pedesaan adalah salah satu kewajiban pemerintah yang berperan untuk mensejahterakan warganya. Kebutuhan masyarakat dalam teknologi antara lain: Pelayanan Publik, Kesehatan, Pendidikan, dan Pariwisata.


sumber: https://investor.id/it-and-telecommunication/pemanfaatan-smart-technology-di-masa-pandemi-dan-desa-digital


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

banner_TREN2021%2BSOCIETY%2B5.0


Posting Komentar

0 Komentar