Bank Himbara Buka Kantor di IKN, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin Dukung Ekosistem Jasa Keuangan di Ibu Kota Baru Indonesia

 


SUARAKARYA.ID: Sejumlah Bank Milik Negara (Himbara) seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri secara resmi mulai melakukan pembangunan gedung (groundbreaking) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

 
Atas keinginan kuat bank-bank plat merah untuk mendukung akselerasi pembangunan IKN yang kian dikebut penyelesaiannya, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin turut menyampaikan dukungan dan apresiasinya. 
 
“Upaya ini menjadi langkah nyata dari Himbara dalam mendukung agenda pembangunan dan mempercepat investasi di IKN. Hadirnya Himbara sebagai pionir diharapkan dapat semakin menggali dan mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN. Terutama untuk menjawab kebutuhan layanan perbankan bagi masyarakat, pelaku bisnis, hingga ASN di Nusantara,” ujar Puteri kepada suarakarya.id di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. 

Tiga Bank BUMN Bangun Gedung
 
Seperti diketahui BRI akan membangun Gedung BRI International Microfinance Center seluas 13 ribu meter persegi di IKN yang fokus dalam pengembangan sektor UMKM. 
 
Gedung ini rencananya akan memiliki berbagai fasilitas, seperti BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery, dan BRI Community Hub, yang nantinya juga akan menyediakan layanan konsultasi, pelatihan, dan pendanaan bagi para pelaku UMKM.
 
“Pembangunan pusat UMKM pastinya akan memperkuat posisi BRI yang selama ini fokus kepada bisnis UMKM. Dimana, hingga akhir Desember kemarin, total kredit UMKM yang dimiliki BRI sudah mencapai 84,4 persen. Serta, pembentukan holding ultra mikro yang mampu menjangkau 44,2 juta nasabah UMKM. Karenanya, kehadiran Gedung BRI di IKN pastinya akan semakin mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Srikandi Milenial Beringin di Komisi Keuangan dan Perbankan DPR RI ini. 

Sedangkan BNI juga akan membangun Mini Financial Center di IKN, yang memiliki fungsi untuk memberikan layanan perbankan berbasis digital dan cerdas dengan desain bangunan yang futuristik, tetapi tetap mengedepankan prinsip ramah lingkungan.
 
“Konsep ini sejalan dengan desain pembangunan IKN yang mengusung konsep kota cerdas yang modern dan berkelanjutan. Sehingga, tentu perlu didukung layanan perbankan berbasis digital yang dimiliki BNI. Terlebih, BNI sendiri juga sebelumnya telah mengembangkan Program Kota Cerdas BNI yang mengintegrasikan antara layanan perbankan dengan pelayanan publik oleh pemerintah daerah,” ungkap Puteri.
 
Ketua DPP Partai Golkar ini juga mendukung pembangunan Kantor Cabang Mandiri Digital Services diIKN yang nantinya akan berkontribusi dalam pembiayaan infrastruktur, UMKM, dan sektor-sektor lainnya.

“Terutama untuk memperkuat layanan perbankan digital. Terlebih, Bank Mandiri juga telah mengembangkan aplikasi Livin dengan fitur yang lengkap. Dimana, penggunanya yang saat ini sudah mencapai 23 juta. Sehingga, tentu kehadiran Bank Mandiri di IKN harapannya bisa semakin menumbuhkan potensi ekonomi digital,” pungkas Wakil Rakyat Senayan Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta) ini. ***

sumber : https://www.suarakarya.id/ekonomi/26012143365/bank-himbara-buka-kantor-di-ikn-anggota-komisi-xi-dpr-ri-puteri-komarudin-dukung-ekosistem-jasa-keuangan-di-ibu-kota-baru-indonesia

Posting Komentar

0 Komentar