Pertamina Papua luncurkan "Demosh" pendeteksi pencemaran lingkungan



Jayapura (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku meluncurkan aplikasi digital berbasis website yakni Digital Environment Monitoring Dashboard (Demosh) yakni platform pengelolaan data pemantauan yang berfungsi sebagai pendeteksi jika terjadi pencemaran lingkungan di kawasan kerja Pertamina.


Manager Health Sefaty Security & Enviromental (HSSE) Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Ivan Haposan di Jayapura, Rabu, mengatakan aplikasi website tersebut berfungsi juga sebagai data penyaringan (filter) dan screening sebelum dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


"Waktu yang dibutuhkan melakukan pemantauan lingkungan lebih cepat dibandingkan dengan secara manual dengan akurasi 80 persen," katanya.


Menurut Ivan, Demosh memiliki tahapan peringatan mulai dari level satu kepada PIC hingga ke level tiga kepada pimpinan tertinggi setempat.


"Kami berharap dengan aplikasi digital Demosh ini bisa lebih cepat menangani hal-hal yang dapat mencemari lingkungan sehingga akhirnya juga mempertahankan kinerja Pertamina," ujarnya.


Dia menjelaskan setiap tahun pihaknya tidak memiliki laporan merah soal pencemaran lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hal itu yang akan Pertamina Papua Maluku pertahankan dan terus mendukung program pemerintah.


"Selain Demosh, kami juga meluncurkan Living Core Value (LCV) AKHLAK yang merupakan program internal dan menjadi target 2023, salah satunya terkait penjualan gas LPG," katanya lagi.


Dia menambahkan bahkan kini pihaknya telah memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) di Papua dan Maluku sehingga tahun ini harus mencapai dari target yang diberikan.


Peluncuran aplikasi digital Demos dihadiri Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku I Ketut Permadi Aryakuumara  yang bertempat di Kota Jayapura dan dibarengi dengan syukuran HUT Pertamina Patra Niaga ke 26 tahun pada Senin (27/2).


Serangkaian kegiatan mulai dari sepeda santai, kuis dan penandatangan LCV akhlak turut memeriahkan peluncuran aplikasi digital Demos tersebut.

sumber ; https://papua.antaranews.com/berita/699951/pertamina-papua-luncurkan-demosh-pendeteksi-pencemaran-lingkungan

Posting Komentar

0 Komentar