RK Ibaratkan IKN Washington DC: Jangan Harap 5 Tahun akan Luar Biasa



Jakarta, CNN Indonesia -- Kurator Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil mengatakan IKN mirip dengan Washington DC, Amerika Serikat (AS), karena didesain dari belum ada apa-apa.

Washington DC, katanya, kini telah berkembang menjadi ibu kota negara terbaik di dunia. Namun dibutuhkan waktu 100 tahun.

Karenanya, IKN juga membutuhkan waktu cukup lama untuk maju.

"Makanya bapak ibu jangan berharap dalam lima tahun IKN akan luar biasa. Harus bersabar," katanya di Rakornas IKN di IKN Kamis (14/3).

Dia menuturkan pembangunan IKN saat ini akan dinikmati oleh anak cucu kelak usai IKN sudah dibangun.

Di sisi lain, Ridwan mengatakan membangun ibu kota baru tidak lah mudah dan ada sejumlah contoh ibu kota negara yang gagal.

Misalnya Naypyidaw, Myanmar, yang sepi karena hanya didesain sebagai kota pemerintahan. Kemudian Putera Jaya, Malaysia, yang desainnya bagus tetapi sepi.

"Setelah Maghrib sepi karena rumahnya masih di Kuala Lumpur. Jadi paginya ngantor ke Putera Jaya, sorenya pulang, malam sepi," katanya.

Mantan gubernur Jawa Barat itu mengatakan IKN akan dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Karenanya, transportasi di sana harus berbahan bakar listrik.

Jika ada yang membawa mobil bensin, maka harus ditukar dengan mobil listrik di perbatasan sebelum masuk IKN.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240314195038-92-1074453/rk-ibaratkan-ikn-washington-dc-jangan-harap-5-tahun-akan-luar-biasa

Posting Komentar

0 Komentar