Lanud Dhomber unjuk kebolehan pada HUT RI ke-79 di IKN

 


Balikpapan (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Dhomber unjuk kebolehan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 di langit Ibu Kota Nusantara (IKN)  pada 17 Agustus mendatang.


"Lanud Dhomber terlibat dalam rangkaian demo udara," kata Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah usai upacara HUT TNI AU di lapangan Lanud Domber Balikpapan, Senin (22/4).

David mengemukakan, ada beberapa pesawat yang akan memberikan pertunjukan di langit IKN, 22 diantaranya dari TNI AU, masing-masing F-16 sebanyak 8 unit, KT-1B 6 unit, EC-725 Caracal 1 unit, dan NAS-332 Super Puma 1 unit.

"Kemudian Boeing 737-200 1 unit, H-225M Caracal 1 unit, serta EC-120 Colibri 4 unit," sebutnya.

Tak hanya dari AU, dari TNI Angkatan Darat (AD) juga mengerahkan 2 unit AH-64E Apache, kemudian TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan 2 unit AS-565 MBe Panther, serta dari Polri mengerahkan Angusta Westland 169 yang juga berjumlah 2 unit.

"Jadi tidak hanya pesawat tempur, tapi juga ada pesawat latih, pesawat heli, dan gabungan untuk pesawat dari AD, AL, dan pihak kepolisian," terangnya.

Menurutnya, jika ditotal, secara keseluruhan akan ada 28 pesawat yang menghiasi langit di Kota Nusantara saat perayaan HUT RI perdana di Istana Negara yang baru.

David menambahkan, untuk persiapan tersebut, pihaknya memulai  latihan pada awal bulan Agustus, dimana pesawat-pesawat tersebut akan berdatangan secara bertahap ke Kaltim.

"Tanggal 1 Agustus sudah ada yang bergerak ke sini, minggu kedua sudah mulai gladi kotor dan gladi bersih, puncaknya di tanggal 17 Agustus 2024," ujarnya.

Dalam rangkaiannya, Lanud Dhomber menyiapkan sebanyak 80 hingga 100 orang personel baik untuk demo udara maupun untuk kegiatan upacara di lapangan Istana Negara IKN.

Sebelumnya, TNI AD juga mengatakan mengirimkan sejumlah alutsista dan personel pada upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak saat berkunjung ke IKN Februari lalu, selain mengerahkan alutsista, juga mengerahkan pasukan sebanyak 1.500 hingga 2000 personel untuk upacara kenegaraan.

“Kemungkinan akan lebih banyak di pelaksanaan, untuk pengamanan pertahanan udara pertahanan Medan dan segala macam,” ujarnya.

sumber : https://kaltim.antaranews.com/berita/210768/lanud-dhomber-unjuk-kebolehan-pada-hut-ri-ke-79-di-ikn 

Posting Komentar

0 Komentar