Semua Balik ke Data Center Lokal, Siapkan Fasilitas Data Centernya

Tidak terasa, sudah berlalu hampir lima tahun semenjak peraturan PP No 71 Tahun 2019, mengenai penyelenggaraan sistem elektronik (PSE ). Sebagian orang meminta revisi atas PP ini, terutama terkait dengan ekosistem digital yang ada di negera kita.


Kita masih ingat tentang banyaknya polemik tentang salah satu aplikasi yang dikembangkan untuk pemilu kita, yaitu SIREKAP, yang disinyalir menggunakan data center di luar negeri.


Padahal belum tentu demikian.  Sebagian cloud provider publik telah memiliki infrastruktur data center nya di Indonesia, tetapi memang, salah satu kelebihan sistem berbasis cloud adalah kita akan bisa menggunakan resources yang tidak ada di data center Indonesia, tetapi hasil pengolahan data nya kembali ada di data center Indonesia. Inilah "beauty" nya teknologi cloud yang ada.



Jadi jangan heran, meskipun kita menggunakan layanan cloud dalam negeri, tetap saja aplikasi dan pemrosesannya bisa saja tetap dilakukan di luar negara kita. Inilah yang membuat beberapa perusahaan, berpikir keras untuk kembali ke data center lokal mereka.


Inilah sebabnya, banyak perusahaan sekarang berusaha kembali mempersiapkan data center mereka, dan menggunakan teknologi private cloud, dibandingkan public cloud. Ada beberapa layanan yang sangat efektif diletakkan dalam data center yang mudah diakses publik, maka ini baru menggunakan publik cloud.



Salah satu yang harus diperhatikan perusahaan, bila menggunakan teknologi private cloud adalah kesiapan data center atau ruang server yang mereka miliki. 


Untuk ini, seringkali perusahaan dan instansi kurang memiliki persiapan khusus, untungnya sekarang ada provider perangka data center lokal buatan anak Indonesia. Sebut saja LMP Network.


Dalam kesempatan terakhir, kami mengunjungi kantor dan demo dari beberapa perangkat dan fasilitas data center yang dikembangkan LMP Network.  Kami cukup kagum, karena bisa memiliki beberapa produk fasilitas data center, secara integrasi seperti rak dibelakang saya, yang disebut dengan containment rack. 

Koleksi Pribadi - DCM team visit LMP Network

Tidak hanya perangkat, tapi juga software, terutama untuk monitoring fasilitas data center. Inipun juga telah dikembangkan dengan baik oleh LMP Network. Dan tentu saja nanti bisa terintegrasi dengan produk dan solusi yang kami bawa selama ini. Seperti PRTG dan AKCP. 


Fanky visit LMP Network- Pribadi


Tentu ini menjadi penting untuk kita semua yang sedang mempertimbangkan kembali untuk keluar dari cloud publik, dan menggunakan private cloud. Karena tetap kita harus mempersiapkan perangkat dan fasilitas data center yang baik di lokasi data center atau ruang serve kita. 


Jangan ragu, karena memang, bila kita sangat bergantung, dan meletakkan 100% infrastruktur  kita di cloud, tentu kita memang sangat terbantu, karena tidak harus mengelola data center. Tinggal memastikan kemandirian dan keamanan data kita, terutama dari tangan-tangan yang akan mencoba mengambil data kita.

Sumber : https://www.kompasiana.com/startmeup/66206f3ede948f55a3630f62/semua-balik-ke-data-center-lokal-siapkan-fasilitas-data-centernya?page=2&page_images=1



Posting Komentar

0 Komentar