Transformasi Digital Ladang Emas Pelaku Usaha


Pemerintah akan mempercepat proses transformasi digital dalam 2-3 tahun mendatang. Berarti agenda ini dipercepat, yang sebelumnya 10 tahun, sekarang hanya 2 -3 tahun saja karena transformasi digital sangat diperlukan saat menghadapi masa pandemi Covid-19.

Dalam upaya mempercepat transformasi digital, Menkominfo tidak bisa jalan sendiri. Harus melibatkan dan menggandeng partisipasi pihak swasta termasuk perusahaan telekomunikasi untuk perluasan infrastruktur internet, papar Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti dalam Webinar Indonesia Digital Conference 2020 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (“AMSI”), Selasa (15/12/2020).

Direktur Utama SURGE, Hermansjah Haryono, mengatakan, “ini merupakan sebuah peluang bagi SURGE yang bisnisnya erat dengan media telekomunikasi dan informasi, justru dengan dipercepatnya transformasi digital ini membuat SURGE menjadi semakin optimis untuk berkontribusi.“

“Dengan adanya instruksi tersebut dari Presiden juga membuat kami memiliki tantangan baru untuk harus memikirkan dengan segera tentang perkembangan teknologi selanjutnya di tahun mendatang.”Imbuh Hermansjah”, Direktur Utama SURGE.

Menteri Kominfo Johnny Plate menyatakan 5G sudah diuji coba di Indonesia. “Uji coba itu terkait pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, proses operasi jarak jauh, internet of things (“IoT”) untuk kota pintar (smart city) dan kendaraan otonom (autonomous vehicles) saat Asian Games 2018.” ujar Johnny dalam acara International Virtual Conference: Indonesia 5G ‘Roadmap and Digital Transformation’, Kamis (10/12).

Menteri Johnny Plate juga mengatakan "Beberapa kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi juga dimungkinkan mengadopsi 5G. Jaringan 5G akan menjadi game changer atau pengubah permainan dengan dampak yang luas pada konektivitas di Nusantara. Teknologi ini juga dinilai menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Kami harus bekerja keras untuk melaksanakan tugas besar dalam mengadopsi teknologi baru. Ini untuk meningkatkan produktivitas melalui jaringan 5G dalam waktu dekat.”

Direktur Teknologi SURGE, Ricky Ananda mengatakan “Ini merupakan kesempatan emas bagi SURGE karena konsep bisnis SURGE sangat mendukung proses transformasi digital dengan mengkombinasikan Free Wi-Fi dengan iklan sehingga memberikan akses internet kepada masyarakat luas yang handal dan terjangkau.”

“Disamping itu, Surge akan memiliki jaringan fiber optic berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa mulai pertengahan tahun 2021 ini sehingga dapat membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi 5G￾nya.”, jelas Hermansjah.


Sumber: https://www.industry.co.id/read/79257/transformasi-digital-ladang-emas-pelaku-usaha

Posting Komentar

0 Komentar