Omnichannel Qontak, Cara Baru Tingkatkan Komunikasi Bisnis

Jakarta - Bisnis di era digital tak lagi dijalankan melalui telepon dan email seperti pada tahun 1990-an. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya komunikasi dan interaksi yang ada di media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Line, dan yang lainnya.

Fenomena ini membangun era komunikasi Omnichannel dan teknologi CRM yang diadopsi secara cepat oleh bisnis-bisnis di Indonesia.

Diketahui, sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam acara Compfest Talk mendorong masyarakat agar lebih memanfaatkan teknologi digital. Ia mengatakan, berbeda dengan tahap revolusi industri sebelumnya, di tahap ini teknologi dan sistem digital seperti artificial intelligence, cloud computing, dan internet of things dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Instagram juga kini dikabarkan telah meluncurkan API beta Instagram yang dapat melengkapi WhatsApp API. Teknologi ini disebut bakal melengkapi komunikasi API yang disediakan oleh Qontak, Partner dari Messenger sehingga dapat meningkatkan efisiensi komunikasi antar tim maupun pelanggan.

Sementara itu, dilansir dari Microsoft Indonesia, perusahaan harus mengikuti perubahan tren di masa kini dengan melakukan transformasi digital. Berdasarkan survei World Economic Forum (WEF) pada Oktober 2020, sebanyak 94% perusahaan di Indonesia melakukan otomatisasi pekerjaan yang disebabkan oleh era digital yang semakin marak. Hal ini juga menjadi salah satu strategi yang sangat dibutuhkan khususnya pada masa pandemi seperti saat ini.

Untuk dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung keberlangsungan bisnis, Anda dapat memanfaatkan inovasi dari layanan Qontak. Sejalan dengan dorongan Menkominfo terhadap penggunaan artificial intelligence (AI) dan cloud computing, Qontak memanfaatkan API yang disediakan oleh Instagram, Facebook, Line, Telegram, dan media sosial lainnya. Teknologi ini dihadirkan Qontak ke dalam satu platform bisnis untuk meningkatkan customer service dan engagement dalam mendukung bisnis Anda.

Adapun inovasi Qontak telah melalui riset mengenai cara bisnis memanfaatkan API dari Instagram, WhatsApp, dan Qontak untuk menambah penjualan melalui transformasi digital. Layanan ini diketahui memiliki sejumlah fitur terbaik, di antaranya.

Sumber : https://inet.detik.com/business/d-5752650/omnichannel-qontak-cara-baru-tingkatkan-komunikasi-bisnis

Posting Komentar

0 Komentar